Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Xi Jinping di Beijing, Presiden Samia Suluhu Hasan Janji Tingkatkan Kerja Sama Tanzania-China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 04 November 2022, 08:21 WIB
Bertemu Xi Jinping di Beijing, Presiden Samia Suluhu Hasan Janji Tingkatkan Kerja Sama Tanzania-China
Presiden China Xi Jinping enyambut kunjungan Presiden Tanzania Samia Suluhu Hassan sebelum pembicaraan mereka di Aula Besar Rakyat di Beijing, ibu kota China, 3 November 2022/Net
rmol news logo Kunjungan Presiden Tanzania Samia Suluhu Hassan ke Beijing pada Kamis (3/11) dimanfaatkannya untuk melakukan pembicaraan dengan tujuan meningkatkan hubungan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kunjungan Hassan ke China mendapat apresiasi khusus dari Xi, mengingat ia adalah kepala negara Afrika pertama yang diterima China setelah Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis China.

"Ini sepenuhnya menunjukkan kedekatan hubungan China-Tanzania dan status penting hubungan China-Afrika dalam diplomasi China secara keseluruhan," kata Xi, seperti dikutip dari Xinhua.

Di bawah situasi baru, kata Xi, perkembangan yang baik dari hubungan China-Tanzania tidak hanya melayani kepentingan bersama dan jangka panjang kedua negara, tetapi juga sangat penting untuk memajukan komunitas Tiongkok-Afrika dengan masa depan bersama di masa depan yang baru.

Xi juga menekankan bahwa Beijing selalu memandang hubungan dengan Dodoma  dari ketinggian strategis, dan selalu menjadi teman yang dapat dipercaya.

"Kedua negara harus mempromosikan kerja sama di berbagai bidang di bawah bimbingan kemitraan kerja sama strategis komprehensif China-Tanzania," ujarnya.

"China siap untuk terus memperluas impor produk khusus dari Tanzania, mendukung perusahaan China untuk berinvestasi di sana, dan memberikan bantuan untuk pembangunan ekonomi dan sosial Tanzania sesuai kapasitasnya," lanjut Xi.

Hubungan China-Afrika harus tetap berpegang pada arah saling percaya, saling menguntungkan, saling belajar dan saling membantu.

"Kedua belah pihak harus meneruskan tradisi yang baik dan meningkatkan semangat persahabatan dan kerjasama China-Afrika," kata Xi.

Sementara itu Suluhu Hassan menyatakan kesediaan Tanzania untuk berdiri sebagai mitra terpercaya selamanya dari China. Ia juga mengatakan negaranya meningkatkan kerja sama pragmatis dan membawa hubungan bilateral ke level baru.

Dalam pertemuan Kamis, kedua belah pihak juga sepakat untuk memperluas volume perdagangan bilateral, lebih memperdalam kerja sama berkualitas tinggi di bawah kerangka Inisiatif Sabuk dan Jalan.

Baik China maupun Tanzania juga sepakat meningkatkan kerja sama dalam pemrosesan dan manufaktur, pembangunan hijau, dan ekonomi digital. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA