Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Peringati Seabad Kelamnya Deklarasi Balfour, Palestina Serukan Dukungan Internasional untuk Kemerdekaanya

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 04 November 2022, 11:06 WIB
Peringati Seabad Kelamnya Deklarasi Balfour, Palestina Serukan Dukungan Internasional untuk Kemerdekaanya
Duta Besar Palestina di Indonesia, Zuhair Al-Shun/Net
Mengenang kisah kelam yang sudah berlangsung lebih dari seabad, Palestina di masa kini kembali berupaya memperkuat dukungan Internasional untuk keadilan dan kemerdekaanya.

Dalam sebuah rilis yang dikeluarkan oleh Duta Besar Palestina di Indonesia Zuhair Al-Shun untuk menandai peringatan  Deklarasi Balfour 2 November 1917,  Palestina mengharapkan lebih banyak dukungan internasional untuk membantu negara itu mengakhiri penjajahan Israel di tanahnya.

Deklarasi tersebut dinilai tercela karena 105 tahun yang lalu Inggris mendukung pendudukan Israel di Yerussalem.

"Sampai hari ini, Palestina menghadapi serangan konstan dan pelanggaran oleh pendudukan Israel," tegas Zuhair dalam pernyataan tersebut.

Bersamaan dengan itu, Zuhair mengharapkan lebih banyak dukungan internasional untuk membantu negara itu mengakhiri penjajahan Israel di tanahnya.

"Pada peringatan seratus tahun Deklarasi Balfour yang tercela ini, kami sekali lagi memohon perlindungan internasional bagi rakyat kami, untuk penegakan resolusi PBB, dan untuk penerapan langkah-langkah oleh semua negara sesuai dengan kewajiban internasional mereka," katanya.

Bagi Zuhair, rakyat Palestina memiliki hak untuk menikmati kebebasan, martabat, dan kemerdekaan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya.

"Ini adalah kepentingan Palestina, Arab dan internasional.  Itu ada dalam jangkauan kita, jika ada kemauan politik dan ada niat tulus untuk mencapainya demi masa depan yang lebih baik," ujarnya.

Selain itu, Dubes Palestina juga meminta agar negara-negara sahabat dan organisasi internasional dapa dapat menegakkan hukuman yang tegas dan setimpal atas kejahatan yang telah diperbuat Israel selama ini.

"Kami mohon pemerintah Indonesia dan semua pendukung Palestina merdeka di negara ini untuk campur tangan dan mengaktifkan mekanisme hukum internasional dan hukum humaniter internasional, untuk meminta pertanggungjawaban pendudukan Israel atas pelanggarannya terhadap Palestina," pungkasnya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA