Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kepada Shehbaz Sharif, Xi Jinping Titip Keselamatan Warga China yang Berada di Pakistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 05 November 2022, 07:08 WIB
Kepada Shehbaz Sharif, Xi Jinping Titip Keselamatan Warga China yang Berada di Pakistan
Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif saat mengunjungi Presiden China Xi Jinping/Net
rmol news logo Keselamatan warga China di Pakistan menjadi salah fokus pembicaraan tatap muka antara presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Shehbaz Sharif.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sharif bertemu Xi dalam kunjungan resminya ke China di Aula Besar Rakyat di Beijing baru-baru ini.

Kepada Sharif, Xi menyatakan keprihatinannya atas keselamatan warga negaranya di Pakistan. Ia juga menyampaikan harapannya agar Islamabad mampu menyediakan lingkungan yang andal dan aman bagi lembaga-lembaga China.

"Presiden Xi menyatakan keprihatinannya yang besar tentang keselamatan warga negara Tiongkok di Pakistan, dan menyampaikan harapannya bahwa Pakistan akan menyediakan lingkungan yang andal dan aman bagi institusi dan personel Tiongkok yang mengerjakan proyek kerja sama di sana," kata pernyataan resmi dari China, seperti dikutip dari Business Standard.

Kekhawatiran Xi datang muncul serangan yang ditargetkan terhadap warga negara China di Pakistan oleh kelompok pemberontak etnis.

Di tengah meningkatnya serangan, Beijing telah menyatakan keprihatinan tentang langkah-langkah keamanan yang tidak memadai oleh Islamabad.

Setelah pemboman universitas Karachi pada bulan April tahun ini, laporan media Pakistan mengatakan pemerintah Shehbaz Sharif telah memutuskan untuk menanggung biaya keamanan dari hampir semua proyek China.

Dalam pernyataan bersama pada Rabu (2/11), kedua belah pihak juga menyatakan tekad kuat mereka untuk melawan semua ancaman dan rancangan terhadap persahabatan Koridor Ekonomi China–Pakistan (CPEC).

"Pakistan menegaskan kembali komitmennya terhadap keselamatan dan keamanan semua personel, proyek, dan institusi China di Pakistan. Pihak China menghargai tekad kuat dan langkah-langkah kuat Pakistan dalam hal ini," bunyi pernyataan itu.

Selama pertemuannya dengan Xi, Sharif sempat memberi selamat atas keberhasilan Kongres Nasional PKC ke-20.

"Dia memuji peran sentral CPC dan kepemimpinannya dalam mempromosikan pembangunan, kemakmuran, dan peremajaan nasional China," bunyi pernyataan Pakistan.

Dalam pernyataan bersama, kedua belah pihak juga mengangkat masalah Jammu dan Kashmir.

“Pihak Pakistan memberi tahu pihak China tentang situasi di Jammu & Kashmir," kata penyataan Pakistan.

"Pihak China menegaskan kembali bahwa masalah Kashmir adalah perselisihan yang tersisa dari sejarah yang harus diselesaikan dengan baik dan damai berdasarkan Piagam PBB, resolusi Dewan Keamanan PBB yang relevan dan kesepakatan bilateral. kesepakatan," tambah pernyataan itu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA