Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Transisi Lula Makin Mulus, Bolsonaro Minta Pendukungnya Hentikan Aksi Protes

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 05 November 2022, 10:05 WIB
Transisi Lula Makin Mulus, Bolsonaro Minta Pendukungnya Hentikan Aksi Protes
Presiden terpilih Brasil, Lula da Silva/Net
Pergantian tampuk kepemimpinan Brasil, ke tangan presiden terpilih Lula da Silva diperkirakan akan berjalan mulus setelah salah satu halangannya, yakni Jair Bolsonaro telah meminta pendukungnya menghentikan aksi protes.

Presiden Bolsonaro dari sayap kanan, telah kalah dari Lula dengan selisih tipis yakni 50,83 suara melawan 49,17 suara dalam pemilihan putaran kedua pada Minggu (30/10).

Para pendukung Bolsonaro yang tidak terima dengan pengumuman hasil suara tersebut, melakukan protes dan blokade di berbagai titik di jalan raya untuk menuntut pemilihan ulang.

Tetapi pada Rabu malam (2/11), dalam sebuah pesan video, Bolsonaro tiba-tiba mendesak para pendukungnya untuk mengakhiri blokade dengan mengatakan jika demonstrasi itu sah tetapi penghalang jalan yang membatasi mobilisasi warga hanya akan merugikan ekonomi nasional.

"Semua orang menderita karena jalan yang ditutup. Saya meminta Anda untuk membersihkan jalan dan memprotes di tempat lain," kata Bolsonaro seperti dimuat Reuters.

Menurut Polisi Jalan Raya Federal Brasil (PRF), sejak pengumuman Bolsonaro tersebut, terjadi penurunan aksi unjuk rasa pada Kamis (3/11).

"Pengunjuk rasa memblokir sebagian atau seluruhnya jalan raya di 76 lokasi di delapan dari 26 negara bagian pada Kamis pagi, turun dari 126 lokasi yang sebelumnya padat oleh para demonstran," ungkap laporan polisi.

Pihak berwenang juga mengatakan jika akses ke pelabuhan Paranagua, salah satu yang paling penting untuk ekspor biji-bijian Brasil, tidak lagi diblokir pada Kamis pagi.

Meskipun masih tak mau mengakui kekalahan, tetapi Bolsonaro tetap menyetujui transisi kekuasaan, dengan memerintahkan kepala stafnya Ciro Nogueira untuk memulai proses tersebut dengan perwakilan dari kubu Lula.

Pertemuan formal pertama berlangsung pada Kamis (3/11), di mana Lula menunjuk Wakil Presiden terpilih Geraldo Alckmin untuk mengoordinasikan proses transisi dan dijadwalkan bertemu Nogueira pada pukul 2 siang waktu setempat di Brasilia.

Secara terpisah, Alckmin juga akan bertemu dengan kepala pengadilan audit federal Brasil, Bruno Dantas dan Senator Marcelo Castro, yang bertanggung jawab atas RUU anggaran 2023 di majelis tinggi Kongres.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA