Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Erdogan Masih Enggan Setujui Finlandia dan Swedia Menjadi Anggota NATO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 05 November 2022, 14:05 WIB
Erdogan Masih Enggan Setujui Finlandia dan Swedia Menjadi Anggota NATO
Presiden Erdogan dan isteri, Emine Erdoaan dan Sekretaris Jenderal NATO Stoltenberg beserta insteri, Ingrid Schulerud, dalam resepsi yang berlangsung di Istana Presiden Dolmabahçe, Turki, Jumat 4 November 2022/Net
rmol news logo Turki kembali menegaskan sikapnya terkait pengajuan Finlandia dan Swedia sebagai anggota NATO.

Bertemu Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg di Istanbul pada Jumat (4/11), Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan Turki tidak akan secara resmi menyetujui keanggotaan Finlandia dan Swedia di aliansi militer pimpinan AS sampai kedua negara mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

“Presiden Erdogan mencatat bahwa langkah-langkah yang akan diambil oleh Swedia dan Finlandia akan menentukan seberapa cepat proses persetujuan akan berjalan dan kapan akan diselesaikan,” kata kepresidenan Turki, seperti dikutip dari France24, Sabtu (5/11).

Finlandia dan Swedia membatalkan puluhan tahun non-blok militer dan bergegas menjadi anggota NATO pada Mei, setelah Rusia menginvasi Ukraina.

Tetapi Erdogan mengancam akan memblokir tawaran mereka dan mencari konsesi, yang mengarah ke kesepakatan pada bulan Juni antara Turki, Finlandia dan Swedia yang mencakup ketentuan tentang ekstradisi dan berbagi informasi.

Sebagai upaya mencari persetujuan Turki, Perdana Menteri Swedia yang baru Ulf Kristersson akan mengunjungi Ankara pada hari Selasa untuk bertemu dengan Erdogan.

Semua 30 negara anggota NATO kecuali Turki dan Hongaria telah meratifikasi aksesi Swedia dan Finlandia. Anggota baru aliansi membutuhkan persetujuan dengan suara bulat.

Ankara menuduh kedua negara Nordik menyediakan tempat yang aman bagi gerilyawan Kurdi yang dilarang yang dianggapnya teroris dan menahan diri untuk meratifikasi keanggotaan NATO mereka meskipun ada kesepakatan pada Juni. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA