Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Peringatkan Swiss: Sanksi Meluncur, Hubungan Hancur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 07 November 2022, 06:07 WIB
China Peringatkan Swiss: Sanksi Meluncur, Hubungan Hancur
rmol news logo China telah memperingatkan Swiss agar tidak mengikuti langkah Uni Eropa, jika ingin hubungannya dengan Beijing berlangsung mulus.

Duta Besar China untuk Bern Wang Shihting, menekankan jika sanksi diluncurkan oleh Swiss, maka apa yang telah dibina sejauh ini akan berantakan dan hubungan keduanya akan hancur.

Swiss adalah salah satu negara barat pertama yang mengakui Komunis Tiongkok. Sejak itu hubungan kedua negara berjalan baik. Ketika China menjadi mitra dagang terbesar di Asia dan terbesar ketiga secara global pada 2010, hubungan dengan Swiss semakin lekat.

Pada Juli 2014, kedua negara meluncurkan platform bersama untuk perdagangan dan saham.

Hubungan itu nampaknya terancam setelah kepala badan Swiss menerapkan sanksi ekonomi.

Tahun lalu, UE menuduh pejabat China melakukan penahanan massal terhadap Muslim Uighur dan pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Xinjiang. UE pun memberlakukan sanksi pertamanya terhadap Beijing sejak embargo senjata pada 1989 menyusul tindakan keras Lapangan Tiananmen.

Swiss belum memutuskan untuk mengikuti jejak Uni Eropa. Namun, Bern telah secara terbuka mengatakan ketidaksetujuannya terhadap catatan hak asasi manusia China.

Dalam mengungkap strategi baru di China, Bern mengumumkan beberapa perubahan kebijakan konkret, meskipun berusaha untuk tetap menekankan pentingnya hubungan bilateral.

"Siapa pun yang benar-benar peduli dengan hubungan persahabatan antara kedua negara, dan membuat kebijakan yang bertanggung jawab, tidak akan menyetujui sanksi," kata Wang Shihting, kepada surat kabar NZZ am Sonntag, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (5/11).

"Jika Swiss menerapkan sanksi dan situasi berkembang ke arah yang tidak terkendali, hubungan Tiongkok-Swiss akan terganggu," tambahnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA