Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kenalkan Budaya Khas Nusantara, KBRI Gelar Experience Indonesia di London

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 07 November 2022, 23:07 WIB
Kenalkan Budaya Khas Nusantara, KBRI Gelar Experience Indonesia di London
Dubes RI di London, Desra Percaya dan Menparekraf, Sandiaga Uno di acara Experience Indonesia pada Minggu 6 November 2022/Net
rmol news logo Dalam upaya memajukan diplomasi budaya Indonesia di luar negeri, KBRI London berinisiatif menggelar perhelatan ‘Experience Indonesia’ yang berlangsung sukses dan meriah pada Minggu (6/11).

Berlokasi di Vinegar Yard, pusat kota London, Experience Indonesia Indonesia berhasil menarik antusiasme lebih dari 2000 pengunjung setempat.

Acara tersebut merupakan kolaborasi KBRI bekerja sama dengan Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Indonesia serta dukungan dari berbagai mitra di Indonesia dan Inggris lainnya.

Experience Indonesia dibuka  oleh Menparekraf Sandiaga Uno yang mengungkapkan apresiasi dan harapanya pada peningkatan ekonomi melalui promosi budaya dan pariwisata di UK.

“Ini acara yang sangat baik dan sukses untuk mempromosikan Indonesia, dan harapannya akan berkontribusi bagi pemulihan ekonomi nasional khususnya lewat sektor ecotourism dan UMKM,” ujar Menteri Sandi.

Duta Besar RI London Desra Percaya juga turut hadir dan menyatakan jika dirinya sangat terharu dengan respon baik dari warga London dalam acara tersebut.

“Saya senang dan terharu melihat masyarakat begitu antusias sekali datang ke Experience Indonesia, bahkan rela mengantre panjang di saat hujan deras,” ungkapnya.

Sebagai hasil konkret, Dubes Desra juga menyaksikan penandatanganan kesepakatan kerja sama pendirian Restoran Toba, restoran Indonesia binaan UMKM di Inggris yang akan resmi beroperasi mulai Februari 2023 di area premium Piccadilly di tengah kota London.

Sepanjang acara, pengunjung dihibur dengan berbagai tampilan dari Banyuwangi the Sunrise of Java binaan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan Paguyuban Citra dari Indonesia, hingga tari Saman, Enggang Balian dan musik Sumatera Utara oleh diaspora Indonesia di UK.

Talenta Indonesia yang merupakan kontestan di Britain's Got Talent, dr. Bambang Trytia Atmaja dan Ana Aldiana juga turut tampil menghangatkan cuaca yang dingin di London.

Acara semakin meriah dengan penampilan Dewi Gita yang ajak pengunjung joget bersama berbagai komunitas masyarakat di Inggris.

Di sela-sela acara panggung, pengunjung juga bisa puas berbelanja di gerai mini market dan produk kerajinan berkelanjutan yang diisi oleh Alleira Batik, Kalianda tapis Lampung serta produk tas kulit asal Garut Wiesnwitz.

Area kuliner menjadi favorit pengunjung. Untuk mengobati rasa rindu tanah air, Indonesia Day menyajikan mi ayam, rendang, bakso, nasi campur, sate dan berbagai kuliner otentik olahan 6 vendor UMKM pengusaha resto Indonesia di UK.

Puncaknya, para pengunjung yang beruntung membawa pulang hadiah grandprize tiket penerbangan London-Bali pulang pergi persembahan Wonderful Indonesia dan Kemenparekraf, Amsterdam  Bali pulang pergi persembahan Garuda Indonesia serta voucher menginap di resort Bali dan Labuan Bajo.
 
Agenda Experience Indonesia ini rencananya akan menjadi bagian dari agenda tahunan yang rutin diselenggarakan untuk menguatkan diplomasi kebudayaan Indonesia di Inggris. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA