Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dituding Berperilaku Tidak Etis, Gavin Williamson Mundur dari Kabinet Rishi Sunak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 09 November 2022, 06:58 WIB
Dituding Berperilaku Tidak Etis, Gavin Williamson Mundur dari Kabinet Rishi Sunak
Gavin Williamson/Net
rmol news logo   Setelah dua kali melakukan kesalahan dan memicu kritik keras,  Menteri Kantor Kabinet Inggris Gavin Williamson akhirnya mengundurkan diri pada Selasa (8/11).

Dalam sebuah surat yang ditulisnya untuk Perdana Menteri Rishi Sunak,  Williamson mengatakan bahwa ia tunduk dan patuh pada aturan proses pengaduan, tetapi menolak tuduhan mengenai sikap kasarnya.

"Saya membantah karakterisasi klaim ini, tetapi saya menyadari ini menjadi gangguan," tulis Williamson dalam surat pengunduran diri yang diposting di akun Twitter-nya pada Selasa malam.

"Oleh karena itu saya telah memutuskan untuk mundur dari pemerintah sehingga saya dapat sepenuhnya mematuhi proses pengaduan yang sedang berlangsung dan membersihkan nama saya dari segala kesalahan," tambahnya, seperti dikutip dari The Guardian.

Williamson dikritik setelah ia melakukan intimidasi terhadap sesama anggota parlemen. Ia mengirim pesan berisi sumpah serapah kepada mantan kepala cambuk, atau penegak Partai Konservatif, Wendy Morton,  yang mengeluh karena tidak diundang ke pemakaman Ratu.

Morton akhirnya melaporkan sikap Williamson secara resmi kepada partai yang memerintah. Namun, seorang pejabat mengatakan bahwa Williamson melakukan itu dalam suasana hati yang kacau, dan setelah ia tenang, ia telah menyesalinya.

Williamson juga pernah berkata kasar  kepada rekan lainnya.

Dalam sebuah pernyataan Sunak mengatakan ia menerima pengunduran diri Williamson dengan perasaan sedih.

Oposisi Partai Buruh mengatakan pengunduran diri Williamson adalah "cerminan buruk dari perdana menteri yang lemah".

Baru beberapa hari menjabat, Sunak telah menghadapi beberapa keluhan akibat sikapnya yang menunjuk kembali para menteri yang telah dipecat oleh pendahulunya.

Williamson dipecat sebagai menteri pertahanan pada 2019 karena kebocoran keamanan nasional. Ia juga pernah mendapat kritikan keras saat menjabat sebagai menteri pendidikan karena cara penanganan Covid yang tidak dapat diterima.

Sunak juga mendapat kecaman karena menunjuk kembali mengembalikan Braverman ke kementerian dalam negeri, atau Home Office, kurang dari seminggu setelah dia dipecat oleh pendahulunya karena melanggar aturan keamanan email. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA