Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menuju KTT G20, Akankah Xi Jinping dan Joe Biden Bertemu di Bali?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 09 November 2022, 15:33 WIB
Menuju KTT G20, Akankah Xi Jinping dan Joe Biden Bertemu di Bali?
Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping/Net
rmol news logo Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan diselenggarakan di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang diharapkan banyak pihak menjadi momentum pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping.

Sejauh ini, Presiden Joko Widodo telah memastikan kehadiran 17 kepala negara dan kepala pemerintahan G20, termasuk Biden dan Xi di Bali. Namun belum ada informasi apakah kedua pemimpin ekonomi terbesar dunia itu akan melakukan pertemuan bilateral di Indonesia.

Menurut South China Morning Post, kedua belah pihak sedang bekerja untuk mengatur pembicaraan antara Biden dan Xi. Tetapi sejauh ini belum ada pihak yang bersedia mengumumkan secara terbuka terkait pertemuan keduanya.

Pada Selasa (8/11), utusan iklim AS John Kerry mengaku telah berbicara dengan mitranya dari China, Xie Zhenhua di sela-sela COP27.

"Kita perlu berbicara satu sama lain karena kita adalah dua ekonomi terbesar di dunia dan dua penghasil emisi terbesar. Kita memiliki kepentingan bersama dalam bekerja sama untuk mencoba mengurangi emisi," jelas Kerry.

Kerry juga memberikan harapan untuk kemajuan pada KTT G20 di Bali, bahkan ketika rencana pertemuan Biden-Xi masih belum dikonfirmasi.

"Bisa dibayangkan jika mereka bertemu di Bali, mungkin ada terobosan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA