Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Didatangi Kapal Migran Ocean Viking, Prancis Sentil Italia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 09 November 2022, 17:39 WIB
Didatangi Kapal Migran Ocean Viking, Prancis Sentil Italia
Kapal yang membawa migran, Ocean Viking/Net 
rmol news logo Tindakan pengusiran yang dilakukan Italia pada kapal pengangkut migran Ocean Viking dan membiarkannya berlabuh ke Prancis merupakan pelanggaran pada hukum maritim internasional yang telah disepakati.

Melalui siaran radio nasional pada Rabu (9/11), jurubicara Prancis, Olivier Veran mengatakan penolakan Italia untuk menyediakan tempat berlabuh bagi kapal pengungsi adalah sesuatu yang tidak dapat diterima.

"Sikap Italia tidak dapat diterima. Italia harus memainkan perannya. Italia memiliki tanggung jawab untuk menyambut orang-orang ini," tegasnya seperti dimuat Reuters.

Lebih lanjut, Veran mengatakan pihaknya sedang melakukan pembicaraan diplomatik dengan Italia untuk memutuskan nasib 200 pengungsi yang ada didalam kapal Ocean Viking.

"Tidak ada yang akan membiarkan kapal ini menghadapi risiko sekecil apa pun," ujarnya.

Ocean Viking merupakan kapal milik non-pemerintah SOS Mediterranee Prancis yang biasa digunakan untuk membawa migran ke Italia, namun akhirnya berlabuh di Prancis setelah diusir dan terombang ambing di laut selama dua minggu oleh Roma.

Keputusan tersebut diambil berdasarkan arahan dari Perdana Menteri Italia yang baru berkuasa selama dua minggu, Giorgia Meloni yang mendesak kapal-kapal migran untuk berlabuh di negara lain, karena negaranya tidak mampu menampung semua pengungsi dari Afrika Utara.

Itu sejalan dengan janji kampanyenya untuk menghentikan puluhan ribu migran yang tiba di pantai Italia setiap tahun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA