Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dipimpin Dubes Sujatmiko, KBRI Bandar Seri Begawan Gelar Upacara Hari Pahlawan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 10 November 2022, 14:51 WIB
Dipimpin Dubes Sujatmiko, KBRI Bandar Seri Begawan Gelar Upacara Hari Pahlawan
KBRI Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam/Net
rmol news logo Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bandar Seri Begawan menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan pada Kamis (10/11) secara sederhana dan khidmat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Upacara dipimpin oleh Duta Besar Dr. Sujatmiko yang bertindak sebagai inspektur upacara, sementara komandan upacara adalah asisten Atase Pertahanan Mayor Caj. Tinton Kurniawan.

Upacara diikuti oleh seluruh staf KBRI, Dharma Wanita Persatuan, dan perwakilan dari berbagai komunitas serta masyarakat dan para pelajar Indonesia yang berada di Brunei Darussalam.

Pada upacara tersebut, dibacakan pesan-pesan perjuangan pahlawan nasional, seperti dari Abdul Muis dari Sumatera Barat, Tjut Nyak Dien dari Aceh, Kapitan Pattimura dari Maluku, serta Jenderal Sudirman dan Bung Tomo.

Pembacaan pesan tersebut untuk menumbuhkan kembali semangat perjuangan membangun bangsa dan meresapi nilai-nilai yang diajarkan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sambutannya, Dubes Sujatmiko menyampaikan bahwa Hari Pahlawan sekiranya tidak hanya sekadar diingat setiap tanggal 10 November saja, namun seharusnya lebih dari pada hanya sebagai peringatan rutin tiap tahunnya.

Peringatan Hari Pahlawan adalah untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan, dan perjuangannya dalam mempertahankan kemerdekaan, disamping untuk membangun ingatan kolektif yang kemudian dapat menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

"Saat ini kondisi sudah sangat berbeda jika dibandingkan dengan situasi para pahlawan dulu.  Walaupun demikian konteksnya akan tetap sama, bahwa perjuangan tidak akan pernah berhenti dalam upaya mensejahterahkan bangsa Indonesia," ujar Dubes Sujatmiko.

Ia mengatakan, peringatan Hari Pahlawan sebaiknya juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan.

Tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan pada tahun 1959 oleh Presiden Sokearno. Pemilihan tanggal tersebut merupakan sebagai bentuk penghormatan peristiwa bersejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yaitu Pertempuran Surabaya 10 November 1945 dan juga untuk mengenang jasa para pahlawan.

Untuk tahun ini, Hari Pahlawan diperingati dengan tema "Pahlawanku Teladanku". rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA