Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Lawan Rusia, Pentagon Rilis Rincian Bantuan Militer untuk Ukraina

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 11 November 2022, 12:23 WIB
Lawan Rusia, Pentagon Rilis Rincian Bantuan Militer untuk Ukraina
Humvee/Net
Rincian pasokan artileri terbaru dari AS yang dikirim ke Ukraina untuk melawan Rusia diungkapkan Pentagon pada Kamis (10/11) waktu setempat.

Batch terbaru bantuan militer AS ke Ukraina sebagian besar terdiri dari amunisi artileri dan rudal pertahanan udara jarak pendek, yang diharapkan mampu membantu Kyiv melawan serangan pesawat tak berawak Rusia terhadap infrastruktur penting mereka.

"Militer Ukraina akan mendapatkan 21.000 peluru artileri 155mm, serta 500 peluru Excalibur berpemandu presisi, dan 10.000 peluru untuk mortir berat 120mm, di samping jumlah amunisi yang tidak ditentukan untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi yang dipasok AS ( HIMARS)," kata Pentagon, seperti dikutip dari AFP, Jumat (11/11).

Selain itu, Washington juga telah menjanjikan empat kendaraan pertahanan udara Avenger, yang pada dasarnya adalah Humvee yang dilengkapi dengan empat peluncur untuk rudal portabel manusia Stinger.

Juga akan ada sejumlah rudal Hawk yang dirahasiakan untuk kendaraan pertahanan udara lapangan era 1950-an.

Di antara peralatan yang tercantum dalam pernyataan Kamis ada juga 100 Humvee tambahan, 400 peluncur granat, sejumlah senjata kecil yang tidak ditentukan dan dua puluh juta butir amunisi untuk mereka, peralatan pembongkaran untuk pembersihan rintangan dan perlengkapan cuaca dingin.

Menurut Pentagon, ini adalah “penarikan” ke-25 dari persediaan militer AS sejak Agustus 2021 – enam bulan sebelum operasi Rusia di Ukraina dimulai pada Februari.

Washington mengatakan telah memberikan lebih dari 21,4 miliar dolar AS bantuan militer ke Ukraina sejak 2014, ketika kudeta yang didukung Amerika di Kyiv menggulingkan pemerintah terpilih dan memicu konflik atas Krimea dan Donbass.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA