Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Paris Berharap Jadi Ibu Kota Pertama yang Mengoperasikan Taksi Terbang pada 2024 Mendatang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 11 November 2022, 14:17 WIB
Paris Berharap Jadi Ibu Kota Pertama yang Mengoperasikan Taksi Terbang pada 2024 Mendatang
Volocopter 2X/Net
rmol news logo Uji coba taksi terbang  jenis Volocopter 2X milik perusahaan Jerman, untuk pertama kalinya berhasil dilakukan di lapangan terbang Pontoise dekat Paris, Prancis pada Kamis (10/11).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Berbentuk seperti helikopter mini, dengan delapan rotor atau mesin penggerak baling-baling, Volocopter 2X terbang di lintasan udara konvensional dan  diterbangkan dengan membawa penumpang.

CEO perusahaan Volocopter, Dirk Hoke mengatakan dalam 18 bulan ke depan, pihaknya akan mempersiapkan taksi terbangnya itu untuk sertifikasi resmi.

Hoke berharap akan mulai meluncurkan penerbangan komersial jarak pendek pada 2024, bersamaan dengan Olimpiade Musim Panas yang akan digelar di Paris.

Tentunya sebelum dioperasikan secara massal, Hoke berharap taksi terbang yang mampu mengangkut dua penumpang itu dapat dioperasikan secara otomatis, dan untuk itu ia sangat menyadari jika Volocopter masih memerlukan banyak perbaikan.

Kepala wilayah Ile-de-France di sekitar Paris, Valérie Pecresse mengatakan pihaknya telah memberikan dukungan keuangan untuk realisasi proyek tersebut dan berharap wilayahnya menjadi yang pertama mengoperasikan taksi terbang yang mampu mendarat secara vertikal tersebut.

“Pengembangan penerbangan ketinggian rendah untuk mobilitas udara perkotaan merupakan sebuah proyek yang menjanjikan,” ujarnya dalam sebuah pernyataan.

Pilot yang menerbangkan uji coba Volocopter, Paul Stone mengakui jika sistem fly-by-wire digital pesawat dan beberapa rotor membuatnya lebih mudah untuk terbang daripada helikopter tradisional.

"Kontrolnya sangat sederhana di setiap sumbu, itulah yang membuatnya lebih mudah untuk terbang," jelasnya seperti dimuat Reuters.

Meski tampak menjanjikan, produk Volocopter  saat ini masih harus bersaing ketat dengan perusahaan di seluruh dunia, termasuk Lilium LILM.O, Joby Aviation JOBY.N dan Airbus AIR.PA untuk bisa menjadi taksi terbang pertama yang disertifikasi oleh regulator. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA