Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Timor Leste Bersuka Cita Telah Diakui sebagai Anggota ASEAN ke-11 dan Diberi Status Pengamat

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 12 November 2022, 06:37 WIB
Timor Leste Bersuka Cita Telah Diakui sebagai Anggota ASEAN ke-11 dan Diberi Status Pengamat
Timor-Leste menyambut baik pernyataan para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang mengakui negara itu sebagai anggota ke-11.

Dalam pernyataan resminya, pemerintah Timor-Leste menyampaikan suka citanya dan berharap dapat bekerja sama dengan Ketua yang akan datang, yaitu Indonesia.

 “Kami sangat senang dapat berkolaborasi dan bekerja sama dengan Dewan Koordinasi ASEAN dan Sekretariat ASEAN menuju persiapan Peta Jalan dan untuk keanggotaan penuh Timor-Leste termasuk tonggak yang diidentifikasi dalam laporan Misi Pencari Fakta,” isi pernyataan pemerintah, seperti dikutip dari Oekusipost, Jumat (11/11).

“Kami mengakui dan berterima kasih atas bantuan berkelanjutan dan dukungan penuh dari negara-negara Anggota ASEAN, terutama kepada Kerajaan Kamboja atas dukungan yang tak tergoyahkan. Kami juga menyampaikan penghargaan kami kepada mitra eksternal yang telah memberikan bantuan peningkatan kapasitas,”  lanjut pernyataan itu,

Para pemimpin ASEAN pada Kamis menyatakan kesepakatannya untuk mengakui Timor Leste sebagai anggota ke-11.  Dalam sebuah pernyataan pada Jumat (11/11), ASEAN menegaskan bahwa Bangsa Asia Selatan yang merdeka dari Indonesia pada tahun 2002 itu juga akan diberikan status pengamat pada pertemuan-pertemuan ASEAN, termasuk pada pleno KTT.

Pernyataan itu dikeluarkan saat para pemimpin negara anggota ASEAN bertemu pada KTT di Phnom Penh, Kamboja, Jumat.

"Kami pada prinsipnya setuju untuk mengakui Timor-Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN," bunyi pernyataan itu, seperti dikutip dari Reuters.

Pernyataan itu menambahkan bahwa langkah selanjutnya akan mencakup peta jalan untuk keanggotaan penuh yang akan diajukan pada pertemuan puncak tahun depan.

Timor-Leste telah mengajukan permohonan untuk menjadi anggota ASEAN pada 2011. PM Singapura Lee Hsien Loong Singapura pada prinsipnya menyambut baik permohonan tersebut, dan pada akhirnya saat ini Timor-Leste menjadi anggota ASEAN.

Kini, negara berpenduduk 1,3 juta jiwa itu segera memulai proses aksesi ke ASEAN.

Para pemimpin ASEAN telah membuka KTT tahunan mereka di tengah permasalahan global, termasuk kebuntuan di Myanmar yang dikuasai militer dan meningkatnya persaingan antara AS dan China.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA