Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Biden Tuding China Menjauhi Rusia, Beijing: Kami Baik-baik Aja Kok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 12 November 2022, 07:51 WIB
Biden Tuding China Menjauhi Rusia, Beijing: Kami Baik-baik Aja Kok
Presiden Vladimir Putin saat menyambut Presiden Xi Jinping di KTT SCO Kamis 15 September 2022/Repro
rmol news logo Tudingan Washington bahwa hubungan Beijing dan Moskow sedang mengalami masalah telah dibantah oleh China.

Berbicara pada konferensi pers Jumat (11/11) Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian menyangkal pernyataan Presiden AS Joe Biden bahwa China berusaha menjauhkan diri dari Rusia.

"Hubungan antara Moskow dan Beijing tetap sehat seperti biasanya," kata Zhao, seperti dikutip dari Xinhua.

Menurut Zhao, China dan Rusia adalah mitra kerja sama strategis di era baru yang tidak pernah berusaha untuk menghadapi atau menargetkan pihak ketiga.

"Perkembangan jangka panjang yang sehat dan stabil dari hubungan antara Moskow dan Beijing bergantung pada tingkat rasa saling percaya yang tinggi," ujarnya.

Pernyataan Zhao muncul setelah Biden pada Rabu mengatakan bahwa meskipun China menghormati Rusia dan Presiden Vladimir Putin, Beijing tidak mungkin menganggap hubungan bilateral itu sebagai aliansi.

“Faktanya, mereka sedikit menjaga jarak,” kata Biden, tanpa merinci pendapatnya.

China telah berulang kali menolak untuk mengecam operasi militer Rusia di Ukraina yang dimulai pada akhir Februari atau bergabung dengan sanksi yang kemudian dijatuhkan Barat terhadap Moskow.

Pada akhir Oktober, Kementerian Luar Negeri China berjanji untuk dengan tegas mendukung pihak Rusia sambil membantu upaya Putin untuk menyatukan dan memimpin rakyat Rusia serta untuk mewujudkan tujuan pembangunan strategis untuk menopang status Rusia sebagai kekuatan utama dunia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA