Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

AS Janji akan Memberi Pengarahan Singkat ke Taiwan Usai Pertemuan Biden dan Xi di Bali

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 12 November 2022, 09:19 WIB
AS Janji akan Memberi Pengarahan Singkat ke Taiwan Usai Pertemuan Biden dan Xi di Bali
Jake Sullivan/Net
Pihak Amerika Serikat memastikan bahwa Taiwan akan mendapat informasi dari hasil rencana pertemuan antara Presiden Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia.

Hal itu disampaikan Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis.

“Kami akan memiliki kesempatan, sebagai pemerintahan, untuk memberi tahu Taiwan tentang hasil pertemuan itu,” kata Sullivan dalam jumpa pers, merujuk pada pembicaraan yang dijadwalkan antara Biden dan Xi pada Senin (14/11).

“Saya yakin bahwa mereka (Taiwan) akan merasa sangat aman dan nyaman di posisi Amerika Serikat dalam hal dukungan kami untuk perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan dan komitmen kami terhadap Undang-Undang Hubungan Taiwan, yang memang mengikat Amerika Serikat," ujarnya.

Sullivan mengatakan, rencana pertemuan langsung Biden dan Xi akan memberikan kesempatan bagi Washington dan Beijing untuk lebih memahami prioritas dan niat satu sama lain, untuk mengatasi perbedaan, dan untuk mengidentifikasi area di mana kedua negara bisa bekerja sama.

"Biden akan langsung dan terus terang dengan Xi selama diskusi mereka," katanya.

Saat bertemu Xi, Biden diperkirakan akan menyentuh aktivitas militer China yang mengancam perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, pelanggaran hak asasi manusia, ancaman nuklir Korea Utara, dan krisis Ukraina.

Di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan bahwa pengarahan seperti itu oleh AS akan bertentangan dengan janji AS untuk mempertahankan kontak tidak resmi dengan negara tersebut.

“Ini sangat mengerikan di alam. China dengan tegas menentangnya,” kata Zhao tak lama setelah kementerian mengumumkan bahwa Xi akan bertemu Biden, dan juga menghadiri pertemuan G20 dan KTT APEC minggu depan.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA