Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Total 36 Pemimpin Dunia Akan Hadiri KTT G20 di Bali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 13 November 2022, 10:24 WIB
Total 36 Pemimpin Dunia Akan Hadiri KTT G20 di Bali
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi/Net
rmol news logo Meski berada di situasi yang tidak kondusif karena pandemi Covid-19, namun puluhan mimpin dunia dipastikan akan datang ke Bali untuk menghadiri KTT G20 yang berlangsung pad 15-16 November nanti.

Diungkap oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, totalnya terdapat 36 pemimpin dunia yang dikonfirmasi akan hadir dari total 41 negara peserta.

“Saya cukup optimistis, bahwa KTT ini akan dihadiri oleh banyak sekali leaders, baik dari G20-nya sendiri maupun oleh tamu undangan," kata Retno pada Podcast Kabinet dan Sekretariat Kabinet (Podkabs), Sabtu (12/11).

Sebanyak 18 pemimpin G20, termasuk Presiden Joko Widodo, dipastikan hadir. Mereka yang tidak hadir adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, dan Presiden Brasil Jair Bolsonaro.

Di samping itu, delapan dari 10 pemimpin negara dan 10 pemimpin organisasi internasional yang diundang juga akan menghadiri KTT G20. Sehingga totalnya menjadi 36 orang.

Dari pihak undangan, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan berpartisipasi secara virtual. Sementara Fiji mengirim utusan khusus lantaran sedang menjadi pemilu.

“Dalam kondisi normal pun tidak semua KTT G20 dapat dihadiri oleh semua leaders. Jadi kalau dulu enggak semua leaders hadir di dalam kondisi normal, kalau sekarang ada minus satu, minus dua, it’s okay,” demikian Retno. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA