Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Demi Perdamaian Myanmar, India Dukung Lima Poin Konsensus ASEAN

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 13 November 2022, 14:07 WIB
Demi Perdamaian Myanmar, India Dukung Lima Poin Konsensus ASEAN
KTT ASEAN-India di Phnom Penh, Kamboja/Net
India menyatakan dukungannya atas konsensus lima poin ASEAN untuk menyelesaikan isu Myanmar. India juga mendesak dihentikannya kekerasan di negara Asia Tenggara tersebut.

Hal itu disampaikan oleh jurubicara Kementerian Luar Negeri ASEAN, Saurabh Kumar dalam konferensi pers menjelang KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja pada Kamis (10/11).

"Di Myanmar, posisi kami cukup jelas. Kami mendukung konsensus lima poin ASEAN. Kami ingin melihat Myanmar bergerak menuju pemerintahan yang demokratis. Kami ingin melihat kekerasan di Myanmar berhenti. Ini adalah kebijakan kami secara luas," ujar Kumar, seperti dikutip ANI News.

“Intinya kami ingin ASEAN mengambil inisiatif dan kami mendukung konsensus lima poin yang sedang dikerjakan ASEAN,” tambahnya.

Para pemimpin ASEAN telah menyepakati lima poin konsensus, yang mencakup penghentian kekerasan segera, dialog di antara semua pihak, penunjukkan utusan khusus, pemberian bantuan kemanusiaan, hingga kunjungan utusan khusus ke Myanmar.

Kumar mengatakan, India sangat mementingkan hubungan dengan ASEAN. Bahkan Perdana Menteri Narendra Modi telah mengikuti berbagai pertemuan puncak dengan ASEAN, meski kali ini harus digantikan oleh Wakil Presiden Jagdeep Dhankhar.

ARTIKEL LAINNYA