Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Akhirnya Bertemu di Bali, Joe Biden-Xi Jinping Siap Perbaiki Hubungan AS-China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 14 November 2022, 17:52 WIB
Akhirnya Bertemu di Bali, Joe Biden-Xi Jinping Siap Perbaiki Hubungan AS-China
Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping menggelar pertemuan bilateral di Bali, Indonesia pada 14 November 2022/Net
rmol news logo Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping akhirnya melakukan pertemuan bilateral untuk pertama kalinya sejak 2019.

Keduanya bertemu sebelum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali pada Senin (14/11). Ini adalah pertemuan keduanya sejak Biden menjabat pada awal 2021, meski telah dilakukan lima pertukaran telepon dan video dengan Xi.

"Sebagai pemimpin dua bangsa, kita punya tanggung jawab untuk menunjukkan bahwa China dan AS bisa mengatur perbedaan, mencegah kompetisi menjadi konflik, dan mencari jalan untuk berbagai isu dan kerjasama," ujar Biden.

Untuk itu, Biden menyebut, seperti yang diharapkan oleh dunia, China dan AS harus mengambil peranan kunci dalam mengatasi berbagai tantangan global, seperti iklim dan ketahanan pangan.

"Jadi Presiden Xi, saya menunggu untuk dialog yang terbuka dan jujur. Terima kasih atas kesempatannya," lanjut Biden.

Pada gilirannya, Xi menyampaikan rasa senangnya kembali bertemu dengan Biden. Ia kemudian menyebut pertemuan pertama mereka di Davos selama World Economic Forum (WEF) pada 2017. Namun sejak Biden menjabat, ini menjadi pertemuan pertama keduanya.

"Sebagai pemimpin dari dua negara besar, kita harus mengambil langkah yang tepat untuk hubungan China dan AS. Kita perlu menemukan arah yang benar agar hubungan bilateral kedua negara dapat terus maju dan meningkat," jelas Xi.

Di tengah situasi global yang menantang seperti saat ini, Xi juga menyebut dunia mengharapkan agar China dan AS dapat menangani hubungan keduanya dengan baik. Sehingga pertemuan ini menjadi perhatian dunia.

"Saya menantikan kerja bersama Anda, Pak Presiden, untuk membawa hubungan China dan AS yang sehat dan stabil," lanjut Xi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA