Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jokowi Minta Negara G20 Tidak Hanya Bicara, Tapi Melakukan Langkah Nyata

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 15 November 2022, 11:40 WIB
Jokowi Minta Negara G20 Tidak Hanya Bicara, Tapi Melakukan Langkah Nyata
Presiden Joko Widodo di KTT G20 di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali pada Selasa 15 November 2022/Net
KTT G20 diharapkan dapat menghasilkan dampak nyata bagi dunia melalui berbagai kebijakan yang akan disepakati dalam forum tersebut.

Itulah yang disampaikan Presiden Joko Widodo, ketika membuka acara KTT G20 yang diselenggarakan di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali pada Selasa (15/11).

Di tengah situasi dunia yang sulit saat ini, Jokowi menghimbau seluruh seluruh anggota G20 untuk dapat memberikan hasil konkrit dari pertemuan negara-negara ekonomi besar tersebut.

"Kita tidak hanya bicara. Tapi melakukan langkah-langkah nyata," tegasnya.

Lebih lanjut Jokowi mengapresiasi peran G20 yang saat ini terus bergerak mempersiapkan berbagai hal untuk menghadapi banyak tantangan bersama.

"Mempersiapkan dana untuk menghadapi pandemi mendatang melalui pandemic fund, membantu ruang fiskal negara berpendapatan rendah melalui resilience and sustainability trust, mendorong percepatan pencapaian SDGs, menghasilkan ratusan kerja sama konkret, serta mendukung pemulihan ekonomi dunia yang lebih hijau dan berkelanjutan melalui Bali Compact mengenai transisi energi," jelasnya.

Jokowi juga menyoroti peran G20 yang diharapkan dapat terus menjadi pendorong kemajuan ekonomi, bukan hanya untuk negara anggota, melainkan juga  seluruh dunia.

"Indonesia berharap G20 dapat terus menjadi katalis pemulihan ekonomi yang inklusif," ujar Jokowi.

Terakhir, Jokowi mengajak seluruh anggota G20 untuk dapat bekerjasama dan memikul tanggung jawab yang sama untuk masa depan bersama.

"Mari kita perlihatkan kepada dunia bahwa kita dapat bersikap bijak, memikul tanggung jawab, dan menunjukkan jiwa kepemimpinan. Mari kita bekerja, dan mari kita bekerja sama untuk dunia. Recover together, recover stronger," pungkasnya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA