Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Joe Biden dan Xi Jinping Sempat Tegang Bahas Taiwan di Bali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 15 November 2022, 13:43 WIB
Joe Biden dan Xi Jinping Sempat Tegang Bahas Taiwan di Bali
Presiden Amerika Serikat Joe Biden bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Nusa Dua, Bali pada 14 November 2022/Net
rmol news logo Suasana tegang terasa selama pembicaraan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping berlangsung untuk membahas isu mengenai Taiwan.

Keduanya melakukan pertemuan selama tiga jam di sela-sela KTT G20 di Nusa Dua, Bali pada Senin (14/11). Ini adalah pertemuan mereka pertama setelah Biden menjabat sebagai presiden.

Dalam pertemuan ini, isu Taiwan tidak terlepas dari pembahasan.

Melalui sebuah pernyataan setelah pertemuan, Xi menyebut Taiwan merupakan "garis merah" yang tidak boleh dilanggar dalam hubungan AS dan China.

"Masalah Taiwan adalah inti dari kepentingan inti China, landasan politik hubungan China-AS, dan garis merah pertama yang tidak boleh dilanggar dalam hubungan China-AS," ucap Xi, seperti dimuat Reuters.

"Menyelesaikan masalah Taiwan adalah urusan China dan urusan dalam negeri China," lanjutnya.

Sementara itu, Biden mengatakan ia telah berusaha meyakinkan Xi bahwa AS mendukung kebijakan "Satu China" dan itu tidak berubah. Ia juga tidak yakin jika China akan menyerang Taiwan.

"Saya tidak berpikir ada upaya segera dari ppihak China untuk menyerang Taiwan," kata Biden kepada wartawan.

China menganggap Taiwan yang selama ini diperintah sendiri sebagai bagian dari wilayahnya. Beijing juga sering menuduh AS mendorong kemerdekaan Taiwan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA