Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Respons Ledakan Rudal di Polandia, Kemlu: Posisi Indonesia Konsisten Mendukung dengan Cara Damai

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 16 November 2022, 12:58 WIB
Respons Ledakan Rudal di Polandia, Kemlu: Posisi Indonesia Konsisten Mendukung dengan Cara Damai
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah/Net
Ledakan rudal yang menyasar sisi timur perbatasan Polandia dan Ukraina, menjadi ramai diperbincangkan, terutama oleh para para pemimpin NATO dan G7 yang segera melakukan pertemuan darurat di sela-sela acara KTT G20 di Bali pada Rabu (16/11).

Sebagai tuan rumah, Indonesia telah mengkonfirmasi adanya rapat tersebut dan juga memaklumi penyelenggaranya sebagai bagian dari dinamika yang kerap terjadi di KTT G20.

"Kita mengikuti, memang ada emergency meeting yang dilakukan oleh G7+. itu bagian dari dinamika yang sekarang terjadi pada saat konferensi internasional," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah.

Menanggapi jatuhnya rudal yang menewaskan dua warga Polandia itu, Jubir menyerukan agar pihak yang berselisih dapat tetap menempuh langkah-langkah perdamaian.

"Indonesia senantiasa menyerukan agar pihak-pihak yang katakan lah berseberangan pada saat ini untuk mengupayakan cara-cara damai," ucap Jubir.

Jubir juga menekankan jika posisi Indonesia akan tetap sama dalam merespon ancaman keamanan di Uni Eropa.

"Tentunya berangkat dari politik luar negeri bebas aktif Indonesia senantiasa konsisten mengupayakan mengharapkan kata kan lah suatu kondisi internasional yang baik dan kondusif bagi negara-negara dunia pada umumnya," tegasnya.

Terlepas dari situasi di Polandia saat ini, Jubir menyatakan agenda G20 di hari kedua akan terus digelar sebagai mana mestinya, meskipun ada penyesuaian yang biasa terjadi dalam sebuah acara.

"Kita tetap menjalankan ketentuan G20 untuk hari ini," pungkasnya.

Saat ini, pihak NATO sedang menyelidiki ledakan yang terjadi di sebuah desa Polandia dekat perbatasan Ukraina yang terjadi pada Selasa (15/11).

Terdapat indikasi kuat jika Rusia berada di balik serangan tersebut, karena ledakan rudal di Polandia terdeteksi bersamaan dengan peluncuran rudal Rusia di Ukraina.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA