Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ukraina Hentikan Pasokan Minyak Rusia ke Hongaria

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 16 November 2022, 13:40 WIB
Ukraina Hentikan Pasokan Minyak Rusia ke Hongaria
Kilang minyak Duna di Szazhalombatta, Hongaria/Net
rmol news logo Ukraina telah menghentikan sementara pasokan minyak Rusia yang mengalir melalui pipa Druzhba (Persahabatan). Perusahaan minyak Hongaria MOL mengkonfirmasi kabar tersebut pada Selasa malam (15/11) waktu setempat.

Alasan resmi yang diberikan oleh pihak Ukraina adalah bahwa penghentian dilakukan karena adanya serangan udara Rusia yang menghantam stasiun trafo di dekat perbatasan dengan Belarusia, yang memasok listrik ke salah satu stasiun pompa yang diperlukan untuk operasi.

"Pengiriman minyak mentah ke Hongaria, Ceko, dan Slovakia telah "dihentikan sementara," kata MOL dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari RT, Rabu (16/11).

“Kami sedang memantau peristiwa dan, bersama dengan mitra Ukraina, kami sedang memeriksa kondisi untuk memulai kembali pipa Persahabatan,” tambah perusahaan minyak Hongaria itu.

Menurut MOL, ada cadangan minyak yang cukup untuk memastikan operasi kilang Szahahalombatta sampai pipa kembali beroperasi.

Juru bicara Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban, Bertalan Havasi mengatakan bahwa perdana menteri telah mengadakan pertemuan darurat dewan keamanan nasional untuk membahas baik penutupan pipa dan klaim bahwa rudal Rusia yang nyasar telah menyerang sebuah desa di Polandia.

Meskipun UE melarang impor minyak Rusia melalui laut pada bulan Juni, Brussel memberikan pengecualian bagi Hongaria, Ceko, dan Slovakia untuk terus membeli minyak dari Moskow melalui pipa.

Dibangun pada tahun 1960-an, Druzhba membentang lebih dari 4.000 kilometer dari Tatarstan di Rusia ke Hongaria dan yang dulunya adalah Jerman Timur dan Cekoslowakia. Sekitar 1.490 km pipa melewati wilayah Ukraina. Pipa itu terbelah di Uzhgorod ke Druzhba-1, yang menuju Slovakia saat ini, dan Druzhba-2, yang menuju Hongaria. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA