Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Deklarasi G20 Sepakat Cegah Kenaikan Suhu Hingga 1,5 Derajat Celcius

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 16 November 2022, 16:58 WIB
Deklarasi G20 Sepakat Cegah Kenaikan Suhu Hingga 1,5 Derajat Celcius
KTT G20 di Nusa Dua, Bali/Net
rmol news logo Para pemimpin G20 sepakat mengambil langkah untuk membatasi kenaikan suhu global hingga 1,5 derajat Celcius, termasuk dengan menghentikan penggunaan batu bara.

Kesepakatan ini seiring dengan KTT Iklim yang digelar oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Sharm el-Sheikh, Mesir.

"Mengingat peran kepemimpinan kami, kami menegaskan kembali komitmen teguh kami, dalam mengejar tujuan UNFCCC (Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim) untuk mengatasi perubahan iklim dengan memperkuat implementasi penuh dan efektif dari Perjanjian Paris dan sasaran suhunya," begitu isi Deklarasi Para Pemimpin G20 yang dirilis pada Rabu (16/11).

Pada 2015, dunia sepakat untuk membatasi kenaikan suhu global rata-rata hingga 1,5 derajat Celcius di atas masa pra-industri melalui Perjanjian Paris.

"Kami memutuskan untuk mengejar upaya membatasi kenaikan suhu hingga 1,5 derajat C. Ini akan membutuhkan tindakan dan komitmen yang bermakna dan efektif oleh semua negara," lanjut isi Deklarasi G20.

Menurut Utusan Khusus Iklim AS John Kerry pada Sabtu (12/11), beberapa negara menolak menyebutkan target 1,5 derajat C dalam teks resmi KTT COP27 di Mesir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA