Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Akui Pembahasan Soal Perang Ukraina di KTT G20 Berlangsung Sangat-sangat Alot

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 16 November 2022, 17:16 WIB
Jokowi Akui Pembahasan Soal Perang Ukraina di KTT G20 Berlangsung Sangat-sangat Alot
Presiden Joko Widodo dalam KTT G20 di Nusa Dua, Bali yang berlangsung dari 15-16 November 2022/Net
rmol news logo Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 telah berakhir di Bali pada Rabu (16/11), dan menghasilkan Deklarasi Pemimpin G20 yang berisi 52 paragraf.

Diungkap oleh Presiden Joko Widodo, meski diragukan banyak pihak, namun KTT G20 Bali berhasil melahirkan deklarasi. Walau begitu, salah satu paragraf yang paling diperdebatkan dalam Deklarasi Pemimpin G20 merupakan respons terhadap perang di Ukraina.

"Diskusi mengenai hal ini berlangsung dengan sangat-sangat alot sekali. Dan akhirnya para pemimpin dunia menyepakati isi deklarasi, yaitu condemnation perang di Ukraina," kata Jokowi dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali pada Rabu sore.

Kecaman itu, lanjut Jokowi, diberikan lantaran perang telah melanggar integritas wilayah. Di samping itu, perang juga mengakibatkan penderitaan masyarakat dan memperberat ekonomi global yang masih rapuh akibat pandemi Covid-19 sehingga menimbulkan risiko krisis pangan, energi, dan potensi krisis finansial.

"Karena itu, G20 membahas dampak perang terhadap kondisi perekonomian global," lanjutnya.

KTT G20 berlangsung selama dua hari dari Selasa (15/11). Seluruh pemimpin G20 hadir secara langsung, kecuali Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Meksiko Andres Lopez Obrador, dan Presiden Brasil Jair Bolsonaro. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA