Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertemuan Xi dan Sunak di Bali Gagal, Pengamat Beijing: Ini Cara China Ungkap Ketidakpuasan atas Provokasi Inggris

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 17 November 2022, 09:05 WIB
Pertemuan Xi dan Sunak di Bali Gagal, Pengamat Beijing: Ini Cara China Ungkap Ketidakpuasan atas Provokasi Inggris
Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak/Net
rmol news logo Batalnya pertemuan Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak selama KTT G20 di Bali mendapat sorotan dari sejumlah pengamat di Beijing.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut laporan Reuters, pertemuan antara Xi dan Sunak, yang direncanakan pada Rabu (16/11), dibatalkan karena masalah penjadwalan, seperti yang diklaim oleh pihak Inggris.

Namun, para ahli China percaya bahwa ada kemungkinan pembatalan tersebut adalah cara China untuk mengungkapkan ketidakpuasannya yang kuat terhadap provokasi Inggris baru-baru ini terhadap masalah Taiwan.

Ini termasuk fakta bahwa Sunak tidak menutup kemungkinan melakukan pengiriman senjata ke Taiwan.

Hal lain yang baru-baru ini membuat China marah kepada London adalah kunjungan Menteri Negara Kebijakan Perdagangan Inggris Greg Hands ke Taiwan pekan lalu.

Ketika ditanya tentang perjalanan Hands, Ma Xiaoguang, juru bicara Kantor Urusan Taiwan di bawah Dewan Negara, pada hari Rabu mendesak Inggris untuk mematuhi prinsip satu-China dan berhenti mengirimkan sinyal yang salah kepada pasukan separatis Taiwan.

Pada hari Rabu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning menekankan harapannya bahwa Inggris akan bertemu dengan China di tengah jalan sebagai tanggapan atas pertanyaan tentang pembatalan pertemuan Xi-Sunak.

Pengamat mengatakan bahwa London saat ini harus benar-benar merenungkan pesan di balik pernyataan seperti itu, seperti halnya semua negara dan kekuatan lain yang mencoba memainkan "kartu Taiwan" untuk mengancam kedaulatan China.

Menurut Gao Jian, Direktur Pusat Studi Inggris di Universitas Studi Internasional Shanghai, kebijakan Inggris dalam urusan dalam dan luar negeri kurang logis.

"Di satu sisi politik luar negerinya memiliki corak ideologis yang kuat, namun di sisi lain perlu adanya pragmatisme di dalam negeri. Akibatnya, pembuatan kebijakan pemerintah Inggris tampak tercabik-cabik, tanpa konsistensi," katanya, seperti dikutip dari Global Times.

Dia berpendapat politisi Inggris cenderung memandang kebangkitan China dengan visi strategis yang picik dan pola pikir anti-China yang kaku untuk memenuhi pertumbuhan konservatisme ekstrem di dalam negeri. Dan jika mereka tidak membuang persepsi irasional ini, hubungan China-Inggris akan menghadapi tantangan yang lebih besar.

"Pada akhirnya, para politisi ini berusaha mencari perhatian untuk diri mereka sendiri. Mereka hanya peduli pada kepentingan mereka daripada kepentingan negara mereka. Itulah mengapa Inggris mengalami penurunan," kata Gao.

Faktanya, selain Inggris, para pemimpin Jerman, Australia, dan bahkan AS telah melunakkan nada keras mereka terhadap China sampai batas tertentu ketika bertemu dengan Xi. Mereka harus bertindak realistis.

Negara-negara Barat, termasuk AS dan Inggris, masih membutuhkan China, terutama dalam menyelesaikan masalah ekonomi dan sosial, kata pengamat.

Tampaknya trik Sunak untuk melunakkan pendiriannya terhadap China tidak berhasil. Inggris ingin pintu peningkatan hubungan dengan China terbuka, tetapi Inggris harus menyadari bahwa pintu tersebut telah lama ditutup dengan tindakannya sendiri. Ini jelas merupakan pukulan fatal bagi Inggris, yang membutuhkan hubungan ekonomi dan perdagangan dengan China untuk menyelamatkan diri dari kekacauan yang saat ini terjadi.

"Kartu Taiwan" adalah permainan yang disukai AS. Tapi game ini bahkan lebih berbahaya bagi Inggris. Di bawah pengaruh kuat Washington, London terus-menerus mempersempit jalur diplomatiknya untuk melayani pertimbangan strategis AS dengan mengorbankan hubungan China-Inggris.

Tapi apakah itu layak? Atau siapa yang akan diuntungkan? Inggris perlu memikirkan pertanyaan-pertanyaan ini secara menyeluruh sebelum terlambat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA