Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aljazair dan Rusia Gelar Latihan Militer Anti-Teroris Terbesar di Dekat Perbatasan Maroko

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 18 November 2022, 09:44 WIB
Aljazair dan Rusia Gelar Latihan Militer Anti-Teroris Terbesar di Dekat Perbatasan Maroko
Tentara Aljazair/Net
rmol news logo Latihan militer bersama anti teroris Desert Shield 2022 telah dimulai Aljazira bersama dengan sekutu keamanannya, Rusia pada Rabu (16/11).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Berlokasi di Hammaguir, Provinsi Bechar dekat perbatasan Maroko, Desert Shield 2022 akan melibatkan sekitar 200 tentara dari pasukan kontraterorisme kedua negara dan berlangsung hingga 28 November mendatang.

Para pengamat menyebut Desert Shield merupakan latihan militer terbesar sejak Aljazair menjalin kerjasama dengan Rusia, bahkan sejak masih berada dalam naungan Uni Soviet.

Dimuat Asharq Al-Awsat, beberapa latihan yang akan diagendakan untuk kedua pasukan di antaranya ialah pencarian, deteksi dan eliminasi kelompok di gurun pasir.

Karena digelar dekat perbatasan Maroko, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova  menekankan latihan itu tidak sedikitpun diarahkan untuk memicu ketegangan dengan Rabat yang telah memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Aljazair tahun lalu.

Menurut Wakil Ketua Parlemen Aljazair Bouteldja Allel, Desert Shields kali ini menjadi bukti eratnya kemitraan strategis yang dibangun Moskow dan Aljazair selama ini.

"Latihan itu juga merupakan bagian yang sangat penting dari kerja sama strategis antara kedua negara," tegasnya.

Aljazair memiliki sumber daya tentara sebanyak 465 ribu dan telah menjadi importir senjata Rusia terbesar di dunia.

Latihan taktis gabungan Rusia-Aljazair pertama kali diadakan di wilayah Ossetia Utara Rusia pada Oktober 2021, dengan melibatkan sekitar 200 tentara Rusia dan Aljazair, serta peralatan khusus. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA