Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Thailand dan Arab Saudi Akur Lagi, PM Prayut dan Putra Mahkota Teken Sejumlah Kesepakatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 19 November 2022, 09:18 WIB
Thailand dan Arab Saudi Akur Lagi, PM Prayut dan Putra Mahkota Teken Sejumlah Kesepakatan
Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha dan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman saat penandatanganan kesepakatan, Jumat 18 November 2022/Net
rmol news logo Perhelatan KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) dimanfaatkan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha untuk bertemu dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman pada Jumat (18/11) waktu setempat.

Setelah lebih dari tiga dekade hubungan kedua kerajaan hancur akibat kasus pencurian perhiasan, kedua pemimpin menandatangani perjanjian untuk memperluas hubungan diplomatik.

Bangkok Post
melaporkan, ada lima perjanjian ditandatangani pada Jumat yang bertujuan meningkatkan perdagangan dan investasi antara kedua negara, mempromosikan pariwisata dan memperdalam kerja sama di bidang energi.

"Kerja sama dalam perdagangan, investasi, dan tenaga kerja sudah berlangsung," kata juru bicara pemerintah Rachada Dhnadirek menjelang pertemuan.

Kedua negara memulihkan hubungan diplomatik penuh pada bulan Januari ketika Prayut mengunjungi Arab Saudi atas undangan putra mahkota.

Arab Saudi menurunkan hubungan diplomatik pada tahun 1989 menyusul pertikaian atas pencurian perhiasan senilai 20 kuya dolar AS oleh Kriengkrai Techamong, seorang petugas kebersihan Thailand yang bekerja di istana seorang pangeran Saudi, yang kemudian dikenal sebagai "Blue Diamond Affair".

MBS hadir di Thailand setelah Arab Saudi diundang sebagai tamu negara tuan rumah APEC. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA