Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Hasilkan Deklarasi bersama, APEC Berkomitmen Mewujudkan Area Perdagangan Bebas Asia-Pasifik

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 19 November 2022, 17:06 WIB
Hasilkan Deklarasi bersama, APEC Berkomitmen Mewujudkan Area Perdagangan Bebas Asia-Pasifik
Sesi kedua KTT APEC 2022 di Thailand pada Sabtu 19 November 2022/Net
Berakhirnya penyelenggaraan konferensi tingkat tinggi APEC 2022 di Thailand, ditandai dengan dikeluarkannya deklarasi bersama dan Bangkok Goals on Bio-Circular-Green Economy pada Sabtu (19/11).

Dipimpin oleh Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha, KTT APEC ke 29 itu menghasilkan deklarasi yang menegaskan komitmen jangka panjang para Pemimpin APEC untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang kuat, seimbang, aman, berkelanjutan dan inklusif dalam mewujudkan Visi APEC Putrajaya.  

Sebagaimana yang tertulis dalam deklarasi, APEC berjanji akan menegakkan dan memperkuat sistem perdagangan multilateral berbasis aturan, terutama pada pada upaya organisasi untuk mewujudkan Area Perdagangan Bebas Asia-Pasifik.

Untuk menanggapi dan memitigasi dampak pandemi Covid-19, para pemimpin bertekad mencapai pemulihan ekonomi dan memperkuat sistem guna mempersiapkan krisis di masa depan.

Mereka juga menyadari bahwa diperlukan upaya yang lebih intensif untuk mengatasi tantangan hari ini seperti kenaikan inflasi, ketahanan pangan, perubahan iklim, dan bencana alam.

Selain menghasilkan deklarasi, para pemimpin juga berhasil menyatukan suara untuk mendukung Bangkok Goals on the Bio-Circular-Green (BCG), sebuah kerangka kerja komprehensif yang dibuat untuk memajukan pertumbuhan APEC yang berkelanjutan.

APEC berkomitmen untuk memajukan Bangkok Goals dengan cara yang berani, responsif dan komprehensif, melalui penggabungan komitmen yang sudah ada dengan komitmen baru yang lebih aspiratif.

Para pemimpin akan melangsungkan pertemuan berikutnya di KTT tahun depan dengan Amerika Serikat sebagai tuan rumahnya.

Selain itu, Peru juga mengajukan diri menjadi tuan rumah APEC pada tahun 2024, begitupula Korea Selatan yang bersedia menjamu para pemimpin di KTT tahun 2025.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA