Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu AS akan Terbang Ke Qatar untuk Piala Dunia dan Dialog Strategis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 19 November 2022, 19:07 WIB
Menlu AS  akan Terbang Ke Qatar untuk Piala Dunia dan Dialog Strategis
rmol news logo Sehari jelang turnamen Piala Dunia, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Anthony Blinken dikofirmasi akan melakukan perjalanan ke Qatar untuk dialog strategis dengan pejabat setempat sekaligus menyaksikan tim nasionalnya bertanding.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (19/11), mengatakan Biden akan terbang ke Qatar pada Senin (21/11) untuk menyaksikan pertandingan AS melawan Wales.

"Menlu akan mendukung Tim Nasional Putra AS dalam pertandingan pertama Piala Dunia, saat Amerika Serikat menghadapi Wales," ujarnya seperti dimuat Fox News.

Selain menikmati euforia Piala Dunia, Blinken juga akan menemui pejabat senior Qatar, termasuk Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani, wakil perdana menteri dan menteri luar negeri untuk melakukan dialog bilateral strategis.

"Pembicaraan itu akan mencakup serangkaian prioritas, termasuk kesehatan global, bantuan kemanusiaan, pembangunan internasional, HAM dan tenaga kerja, kerja sama keamanan, perubahan iklim, serta perdagangan dan investasi,” kata Price.

Qatar adalah mitra strategis AS, dibuktikan dengan penempatan pasukannya di Pangkalan Udara Al-Udeid, yang merupakan markas besar Komando Pusat AS dan Komando Pusat Angkatan Udara AS.

Selain itu, Qatar juga mitra penting AS dalam membantu menampung puluhan ribu warga Afghanistan dan warga negara lainnya yang dievakuasi dari Afghanistan setelah penarikan AS pada Agustus 2021.

Sejak menjadi tuan rumah Piala Dunia, Qatar menjadi sorotan utama, termasuk karena laporan diskriminasi serta pelanggaran HAM terhadap pekerja migran saat membangun infstruktur yang dapat mendukung suksesnya perhelatan sepak bola dunia itu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA