Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kunjungi Kyiv, Rishi Sunak: Inggris Akan Terus Dukung Ukraina Sampai Menang

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 20 November 2022, 06:55 WIB
Kunjungi Kyiv, Rishi Sunak: Inggris Akan Terus Dukung Ukraina Sampai Menang
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Net
Perdana Menteri baru Inggris, Rishi Sunak bersumpah bahwa negaranya akan terus berdiri mendukung Ukraina hingga Kyiv menang melawan Rusia.

Janji itu disampaikan Sunak ketika mengunjungi Ukraina dan bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky pada Sabtu (19/11).

"Saya di sini hari ini untuk mengatakan bahwa Inggris akan terus mendukung Anda, sampai Ukraina memenangkan perdamaian dan keamanan yang dibutuhkan dan layak diterima," tegas Sunak, seperti dikutip dari Al Arabiya.

Pada kesempatan tersebut, Sunak juga mengumumkan paket baru bantuan pertananan udara untuk Ukraina senilai 50 juta poundsterling. Paket tersebut termasuk 120 senjata pesawat, radar, dan peralatan anti-drone.

Setelah pertempuran sengit dengan Rusia yang menghancurkan infrastruktur energinya, Ukraina telah meminta lebih banyak bantuan sistem pertahanan udara pada sekutu.

Ini adalah kunjungan pertama Sunak ke Kyiv. Pada gilirannya, Zelensky memuji kunjungan tersebut.

Zelensky mengatakan ia dan Sunak telah membahas kemungkinan untuk melindungi keamanan energi Eropa dan Ukraina, serta kemampuan untuk melindungi langit Ukraina dan kerjasama pertahanan secara umum.

ARTIKEL LAINNYA