Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ada di Urutan Bawah, Mahathir Mohamad Kalah di Pemilu Malaysia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 20 November 2022, 08:24 WIB
Ada di Urutan Bawah, Mahathir Mohamad Kalah di Pemilu Malaysia
Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad/Net
rmol news logo Pemilu Malaysia pada tahun ini tampaknya akan mengakhiri karir politikus senior sekaligus mantan Perdana Menteri terlama Malaysia, Mahathir Mohamad yang dinyatakan kalah dan kehilangan kursi di parlemen.

Berdasarkan quick count dari hasil pemungutan suara pada Sabtu (19/11), Mahathir berada di urutan keempat dari lima calon legislatif di daerah pemilihannya, Langkawi.

"Ini adalah kejutan besar bahwa beliau (Mahathir) tidak hanya kalah, tetapi juga kalah dengan cara yang spektakuler," ujar Florence Looi dari Al Jazeera.

“Dia tidak hanya kehilangan kursinya tetapi juga kehilangan depositnya karena dia tidak bisa mendapatkan lebih dari seperdelapan suara. Partainya juga tidak berhasil memenangkan satu kursi pun," tambahnya.

Dimuat Al Jazeera, ini adalah kali pertama pria 97 tahun itu kalah dalam pemilu setelah lebih dari setangah abad terjun ke dunia politik.

Mahathir merupakan perdana menteri terlama Malaysia, yang menjabat selama 22 tahun, dari 1981 hingga 2003. Ia kembali ke politik dua tahun lalu untuk mengungkap mega korupsi 1MDB dari mantan Perdana Menteri Najib Razak. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA