Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Visa Menlu Sergey Lavrov Ditolak Polandia, Rusia Terancam Tak Bisa Hadiri OSCE

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 20 November 2022, 10:08 WIB
Visa Menlu Sergey Lavrov Ditolak Polandia, Rusia Terancam Tak Bisa Hadiri OSCE
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov/Net
rmol news logo Rusia dibuat geram dengan keputusan Polandia yang enggan mengeluarkan visa kepada Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov yang berencana mengikuti pertemuan Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) bulan depan.

Kementerian Luar Negeri Rusia pada Sabtu (19/11) mengkritik keras kepemimpinan OSCE yang saat ini dipegang oleh Polandia. Rusia mengatakan Warsawa telah menghancurkan pilar dan prinsip konsensus OSCE.

"Sebagian besar acara penting OSCE dibatalkan atau diadakan dalam format pengganti, memiliki agenda non-konsensus dan bahkan merusak, serta aturan serta prosedur dilanggar dan kekacauan merajalela di badan pengelola OSCE," kata pernyataan itu, seperti dikutip Anadolu Agency.

Kemlu Rusia juga menyebut Polandia telah menunjukkan ketidakmampuannya untuk mengelola posisi yang bertanggung jawab dengan mendiskreditkan dirinya sendiri dan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada kredibilitas organisasi secara keseluruhan.

"Menjadi semakin jelas bahwa OSCE dibutuhkan oleh para fanatik 'tatanan berbasis aturan' bukan sebagai kesempatan untuk dialog yang setara dan saling menghormati tentang masalah serius keamanan Eropa, tetapi terutama sebagai platform untuk pertunjukan politik dan latihan anti-Rusia," jelas Kemlu Rusia.

"Mereka hampir mengubah institusi OSCE utama menjadi lelucon, tampaknya tanpa memikirkan apakah mungkin untuk mengembalikannya ke keadaan normal," tambahnya.

Menurut Rusia, Polandia juga memblokir Rusia dari Majelis Parlemen OSCE yang ditetapkan pada 24-26 November. Sementara pertemuan para menlu OSCE dijadwalkan pada 1-2 Desember di Lodz, Polandia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA