Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belum Ada Partai yang Berhasil Kuasai Parlemen, Malaysia Digentayangi Krisis Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 20 November 2022, 11:57 WIB
Belum Ada Partai yang Berhasil Kuasai Parlemen, Malaysia Digentayangi Krisis Baru
Ilustrasi/Net
rmol news logo Krisis politik baru menggentayangi Malaysia lantaran belum ada koalisi yang berhasil memenangkan mayoritas kursi di parlemen pada pemilu kali ini.

Sejauh ini, Pakatan Harapan dan Perikatan Nasional bersaing dengan ketat. Hingga Minggu (20/11), perhitungan suara cepat menunjukkan Pakatan Harapan yang dipimpin Anwar Ibrahim sudah mengumpulkan 82 kursi, sementara Perikatan Nasional yang dipimpin Muhyiddin Yassin bertengger di 73 kursi.

Kendati begitu, mereka masih jauh dari mayoritas kursi yang dibutuhkan, yaitu 112 dari total 222 kursi.

Aliansi yang dipimpin oleh Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO), Barisan Nasional, juga baru mengumpulkan 30 kursi.

Dengan tidak adanya partai yang berhasil mengumpulkan mayoritas di parlemen, maka Malaysia kemungkinan besar akan menghadapi kebuntuan politik lainnya. Lantaran tidak bisa membentuk pemerintahan.

Meski begitu, saat ini Perikatan Nasional mulai melakukan manuver dengan mengupayakan koalisi bersama Barisan Nasional. Sementara Pakatan Harapan berusaha menggaet dukungan dari Sabah dan Serawak yang sama-sama memiliki 28 kursi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA