Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Punya Banyak Manfaat, Mawar di Wilayah J&K Menjadi Ladang Usaha Para Petani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 21 November 2022, 12:05 WIB
Punya Banyak Manfaat, Mawar di Wilayah J&K Menjadi Ladang Usaha Para Petani
rmol news logo Mawar menjadi salah satu tanaman hias yang cukup istimewa dan digemari banyak orang. Tak hanya keindahan bentuk dan warnanya, mawar juga memiliki segudang manfaat, termasuk sebagai bahan aromatik dan obat-obatan.

Di Lembah Kashir,  mawar tumbuh subur dan menjadi jalan bagi para petani untuk membudidayakan bunga yang kerap disebut sebagai raja dan ratu bunga,.

Di India, tepatnya di distrik Pulwama, Jammu dan Kashmir (J&K), mawar diekstraksi menjadi minyak dan diekspor ke berbagai negara.

Menurut para ahli, 30 kwintal bunga mawar dapat menghasilkan satu liter minyak dan satu liter ekstrak, setelah itu dijual di pasar luar negeri.

Minyak tersebut diperoleh dari tiga jenis bunga mawar di Lembah Kashmir, yaitu mawar Kashmir, mawar Dhar, dan mawar Bulgir.

Dimuat ANI News, Iklim lembah Kashmir sangat cocok untuk membudidayakan tiga jenis mawar tersebut. Terlebih permintaan di pasar internasiaonal juga sangat banyak.

Oleh karena itu, pemerintah terlibat dalam memfokuskan perhatian masyarakat setempat untuk pembudidayaannya.

Perusahaan yang bergerak di bidang ini telah menyediakan lapangan kerja bagi warga lokal, dengan lebih dari 50 pekerja mencari nafkah dari budidaya mawar.

Para ahli percaya jika petani lokal serius dengan budidaya yang menjanjikan tersebut, maka mereka akan  memperoleh banyak keuntungan darinya.

Selain mawar, perusahaan pertanian di J&K juga membudidayakan lavender dan tanaman obat lainnya.

Mawar telah sangat melekat dengan masyarakat di wilayah J&K.

Air mawar dipercikkan di masjid dan  biara di lembah selama shalat Jumat dan Urs, keharumannya juga dianggap menguntungkan dalam pernikahan dan pertemuan tradisional lainnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA