Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kamala Harris: Komitmen AS untuk Dukung Filipina di Laut China Selatan Tak Tergoyahkan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 21 November 2022, 15:46 WIB
Kamala Harris: Komitmen AS untuk Dukung Filipina di Laut China Selatan Tak Tergoyahkan
Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Presiden Filipina Ferdinand Marcos/Net
Kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris ke Filipina menandai komitmen tak tergoyahkan Washington pada Manila, khususnya dalam menghadapi China di Laut China Selatan.

Ini menjadi kunjungan pejabat AS paling tinggi ke Filipina sejak diperintah oleh Presiden Ferdinand Marcos Jr pada Juni lalu. Hal ini juga menunjukkan hubungan AS dan Filipina yang mencair, setelah membeku di bawah pemerintahan Rodrigo Duterte.

Selama kunjungannya, Harris melakukan pertemuan dengan Marcos di istana kepresidenan di Manila, seperti dimuat AFP pada Senin (21/11).

"Kami mendukung Anda untuk membela aturan dan norma internasional yang berkaitan dengan Laut China Selatan,” ucap Harris.

“Serangan terhadap angkatan bersenjata Filipina, kapal publik atau pesawat terbang di Laut China Selatan akan mengundang komitmen pertahanan timbal balik AS. Itu adalah komitmen kami yang tak tergoyahkan untuk Filipina," tambahnya.

Selain Marcos, Harris juga bertemu dengan Wakil Presiden Filipina, Sara Duterte, putri dari mantan presiden.

AS memiliki hubungan yang panjang dan kompleks dengan Filipina. Di masa pemerintahan ayah Marcos, AS memberikan dukungan besar pada Filipina sebagai sekutu Perang Dingin.

Namun hubungan antara kedua negara memburuk di bawah Duterte. Pada tahun 2016, Duterte menyebut Barack Obama sebagai "anak pelacur" setelah muncul laporan ia akan diinterogasi oleh AS atas perang narkoba.

ARTIKEL LAINNYA