Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lavrov Dilarang Hadir di Pertemuan OSCE, Kremlin: Nggak Ngaruh Buat Rusia, Yang Pusing Nanti Mereka Sendiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 22 November 2022, 06:32 WIB
Lavrov Dilarang Hadir di Pertemuan OSCE, Kremlin: <i>Nggak Ngaruh</i> Buat Rusia, Yang Pusing Nanti Mereka Sendiri
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov/Net
rmol news logo   Skandal besar telah mengguncang Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa (OSCE).

Polandia, yang saat ini memimpin organisasi tersebut, mengeluarkan larangan bagi Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov untuk berpartisipasi dalam pertemuan tahunan Dewan Menteri Luar Negeri ke-29 yang akan berlangsung di Lodz pada 1-2 Desember mendatang.

Keputusan Polandia ini mengejutkan, pertama kalinya dalam hampir 28 tahun sejarah OSCE.

Wakil Menteri Luar Negeri Polandia Pawel Jablonski, membenarkan keputusan tersebut. Berbicara pada media, Senin (21/11) ia mengatakan bahwa perlu bagi Polandia untuk mengisolasi Rusia dari semua kegiatan.

“Dalam pandangan kami, Rusia sekarang harus diisolasi semaksimal mungkin di semua platform internasional. Itulah mengapa keputusan ini dibuat,” katanya, seperti dikutip dari Sputnik.

"Ini adalah pertemuan Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa, yaitu pertemuan negara-negara yang menganggap penting untuk memastikan keamanan di Eropa. Namun, Rusia telah melanggar upaya (terkait dengan invasinya ke Ukraina) dan kepentingannya bertentangan secara diametris dengan kepentingan organisasi,” tambahnya.

Ketua OSCE Polandia sebelumnya mengumumkan bahwa Rusia telah diundang ke Pertemuan Tingkat Menteri OSCE karena undangan selalu dikirim ke semua negara anggota OSCE. Namun, Kementerian Luar Negeri Polandia telah menolak keikutsertaan delegasi Rusia yang dipimpin oleh Lavrov.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengecam langkah tersebut sebagai tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya, menghasut dan tidak sesuai dengan status kepemimpinan organisasi tersebut.

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov juga mengecam langkah Polandia. Mengatakan bahwa keputusan tersebut justru akan merugikan Polandia sendiri.

"Penolakan Warsawa terhadap Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov untuk menghadiri pertemuan Dewan Menteri OSCE, sepertinya tidak akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi Rusia dan Lavrov. Tetapi justru membuat pusing OSCE sendiri," katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA