Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kolombia Lanjutkan Dialog Damai dengan Tentara Pembebasan Nasional

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 22 November 2022, 07:58 WIB
Kolombia Lanjutkan Dialog Damai dengan Tentara Pembebasan Nasional
Pembicaraan perdamaian antara pemerintah Kolombia dan Tentara Pembebasan Nasional (ELN)/Net
Dialog perdamaian antara pemerintah Kolombia dan pasukan pemberontak Tentara Pembebasan Nasional (ELN) kembali dilanjutkan pada Senin (21/11).

Negosiasi damai itu menghasilkan pernyataan bersama yang dirilis di akhir pertemuan, seperti dimuat Prensa Latina.

Kedua belah pihak mengaku optimis dan yakin, serta berharap agar pembicaraan dapat dilanjutkan untuk mendorong proses perdamaian, demokrasi, dan keadilan.

Mereka juga berkomitmen untuk membangun perdamaian berdasarkan demokrasi yang berkeadilan dan perubahan yang nyata, mendesak dan perlu, serta memberikan partisipasi masyarakat yang seluas mungkin dan efektif, dengan mengutamakan sektor-sektor yang terpinggirkan dan terlantar secara historis.

Para negosiator menyatakan keinginan mereka untuk membangun masa depan dengan martabat, hak penuh dan demokrasi yang otentik, sehingga Kolombia dapat menjadi kekuatan bagi kehidupan manusia dan kepedulian terhadap milik bersama.

Di samping itu, mereka juga mengucapkan terima kasih atas kegigihan, komitmen dan kehadiran negara-negara penjamin seperti Kuba, Norwegia dan Venezuela, serta Misi Verifikasi PBB di Kolombia dan Gereja Katolik.

ELN merupakan kelompok pemberontak yang sudah berdiri sejak 1964, dengan mengadopsi ideologi komunis dari Marxisme-Leninisme dan teologi pembebasan. ELN dinyatakan sebagai organisasi teroris oleh pemerintah Kolombia, Amerika Serikat, Kanada, Uni Eropa, dan Venezuela.

ARTIKEL LAINNYA