Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Provokasi Lepas Hijab di Depan Umum, Dua Aktris Ternama Ditahan Petugas Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 22 November 2022, 11:16 WIB
Provokasi Lepas Hijab di Depan Umum, Dua Aktris Ternama Ditahan Petugas Iran
Hengameh Ghaziani dan Katayoun Riahi/Net
rmol news logo Aksi lepas hijab yang dilakukan dua aktris film ternama Iran sebagai dukungan atas protes kematian Mahsa Amini, dianggap pemerintah sebagai tindak pembangkangan hukum negara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut media resmi pemerintah IRNA pada Senin (21/11), Hengameh Ghaziani dan Katayoun Riahi telah dimasukkan ke dalam penjara setelah dipanggil oleh jaksa karena postingan provokatif mereka di media sosial.

Ghaziani seorang aktris berusia 52 tahun ditangkap atas tuduhan menghasut dan mendukung 'kerusuhan', serta diduga bekerjasama dengan media oposisi.

Setelah mengunggah video dirinya yang melepas hijab di depan umum, dalam sebuah video lain, Ghaziani menyatakan ia telah dipanggil oleh pengadilan dan pasrah jika akan ditangkap.

"Mungkin ini akan menjadi posting terakhir saya. Mulai saat ini, apa pun yang terjadi pada saya, ketahuilah bahwa seperti biasa, saya bersama rakyat Iran sampai napas terakhir saya," tulisnya seperti dimuat Al Arabiya pada Sabtu malam (19/11).

Melalui postingan videonya, Ghaziani terlihat tanpa penutup kepala menghadap kamera tanpa berbicara, kemudian berbalik dan mengikat rambutnya menjadi kuncir kuda di sebuah jalan dekat pusat perbelanjaan.

Pada Minggu (20/11), Ghaziani kembali mengunggah video yang menuduh jika pemerintah telah membunuh lebih dari 50 anak, karena melanggar aturan hukum yang ditetapkan.

Sementara itu, pemain film lainnya yang telah meraih banyak penghargaan yakni Riahi juga ditangkap karena melakukan wawancara  tanpa mengenakan hijab dengan Iran International TV yang berbasis di London, sebuah outlet yang dibenci oleh rezim.

Terlebih, wanita berusia 60 tahun itu juga menegaskan solidaritas kepada protes yang melanda Iran sejak kematian Mahsa Amini, serta penentangan terhadap kewajiban jilbab.

Selain Ghaziani dan Riahi, beberapa orang terkenal lainnya juga ikut dipanggil dan ditangkap oleh pemerintah Iran karena protesnya terhadap kematian Mahsa Amini.

Mereka di antaranya, pelatih tim sepak bola Teheran Persepolis FC Yahya Golmohammadi, aktor terkemuka Mitra Hajjar, Baran Kosari dan Taraneh Alidoosti, Sutradara pemenang penghargaan Mohammad Rasoulof dan Jafar Panah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA