Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belanda Kembali Kirim Dana Bantuan Militer Hingga Triliunan Rupiah Ke Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 22 November 2022, 13:09 WIB
Belanda Kembali Kirim Dana Bantuan Militer Hingga Triliunan Rupiah Ke Ukraina
Menteri Pertahanan Belanda, Kajsa Ollongren/Net
rmol news logo Bantuan dana militer terus mengalir dari berbagai negara Eropa dan Amerika Serikat untuk mendukung kemenangan Ukraina atas peranganya dengan Rusia.

Belanda menjadi salah satu donatur perang Ukraina yang berani mengirimkan triliunan rupiah agar negara bekas Uni Soviet itu bertahan dari kebrutalan Moskow.

Awal bulan ini saja, Belanda telah mengirimkan paket bantuan senilai 119,9 juta dolar AS atau setara dengan Rp 3,1 trilun.

Dari jumlah tersebut, 45 juta dolar AS atau Rp 707 miliar dialokasikan untuk pengadaan 90 tank tempur utama T-72B sebagai bagian dari perjanjian trilateral dengan Republik Ceko dan Amerika Serikat.

Kemudian pada Senin (21/11), pemerintah Belanda kembali mengumumkan rencananya untuk menambah paket bantuan sebesar 102 juta dolar AS atau senilai Rp 1,6 triliun kepada badan pengumpulan dana Ukraina yang dikelola Inggris bernama International Fund for Ukraine (IFU).

Dimuat The Defense Post, Menteri Pertahanan Belanda Kajsa Ollongren menekankan pentingnya dukungan militer itu bagi Ukraina.

"Jika Rusia berhenti berperang, tidak akan ada perang. Jika Ukraina berhenti berperang, tidak akan ada Ukraina. Dukungan internasional untuk Ukraina tetap penting,” tegasnya setelah pertemuan tingkat menteri Pasukan Ekspedisi Gabungan (JEF) di Edinburgh.

JEF adalah koalisi multinasional yang dipimpin Inggris yang memiliki misi untuk menanggapi dengan cepat krisis dan keprihatinan nasional di High North dan Eropa Utara. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA