Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pusat Listrik dibom Rusia, Ukraina Menghadapi Musim Dingin yang Suram

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 23 November 2022, 06:11 WIB
Pusat Listrik dibom Rusia, Ukraina Menghadapi Musim Dingin yang Suram
Sekitar 15 pusat energi rusak, warga Ukraina menggunakan stasiun pengisian daya untuk mengisi perangkat seluler dan bank daya mereka/Net
rmol news logo Warga Ukraina diimbau agar melakukan penghematan energi di tengah krisis listrik yang membelit negera itu setelah beberapa pembangkit tenaga listrik mengalami kerusakan.

Imbauan yang diserukan Presiden Volodymyr Zelenskiy semakin menegaskan peringatan yang dikeluarkan PBB tentang bencana kemanusiaan di Ukraina musim dingin ini.

Rusia telah menyerang fasilitas listrik Ukraina dengan roket. Pihak berwenang mengatakan, akibat serangan rudal Rusia itu,  jutaan warga Ukraina, termasuk di ibu kota Kyiv, akan menghadapi pemadaman listrik setidaknya sampai akhir Maret.  
Media lokal menggambarkan Selasa pagi ( 22/11) sebagai hari penuh ledakan di  kota Kherson. Rusia membombardir Kherson dari seberang Sungai Dnipro, setelah pasukannya melarikan diri.

“Kerusakan sistematis pada sistem energi kita akibat serangan teroris Rusia sangat besar sehingga semua orang dan bisnis kita harus berhati-hati dan mendistribusikan kembali konsumsi mereka sepanjang hari,” kata Zelensky dalam pidato malamnya.

“Cobalah untuk menhghemat energi," tambahnya.

Ratusan rumah sakit dan fasilitas kesehatan Ukraina pun kekurangan bahan bakar, air, dan listrik untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, sistem kesehatan Ukraina menghadapi hari-hari tergelap dalam sejarah perang sejauh ini.  

"Setelah mengalami lebih dari 700 serangan, sekarang juga menjadi korban krisis energi," kata Hans Kluge, direktur regional WHO untuk Eropa, dalam sebuah pernyataan setelah mengunjungi Ukraina. .

Ia mengimbau masyarakat untuk menyiapkan pakaian hangat, selimut, dan opsi yang akan membantu melewati pemadaman listrik yang panjang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA