Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Menhan Wei Fenghe: Taiwan adalah Inti Kepentingan China

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 23 November 2022, 11:43 WIB
Menhan Wei Fenghe: Taiwan adalah Inti Kepentingan China
Menteri Pertahanan China Wei Fenghe/Net
China memberikan penegasan untuk kesekian kalinya agar Amerika Serikat (AS) tidak mengusik Taiwan, yang disebut Beijing sebagai inti dari kepentingan nasionalnya dan "garis merah" yang tidak boleh dilanggar.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pertahanan China Wei Fenghe kepada Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin di sela-sela pertemuan para menhan ASEAN di Kamboja, Selasa (22/11).

"Resolusi Taiwan adalah masalah rakyat China, tidak ada kekuatan eksternal yang berhak ikut campur," kata Wei, seperti dikutip Asia One.

Wei mengatakan AS harus menghormati kepentingan inti China dan berharap bisa mengadopsi kebijakan yang rasional dan praktis terhadap China, serta mengembalikan hubungan Beijing-Washington.

Media pemerintah China baru-baru ini mengutip jurubicara Kementerian Pertahanan Tan Kefei yang mengatakan alasan utama hubungan Beijing dan Washington saat ini buruk adalah karena AS membuat penilaian strategis yang salah.

China menganggap Taiwan sebagai bagian yang tidak terpisahkan. Sementara Taiwan yang memerintah sendiri menegaskan bahwa mereka adalah negara berbeda.

ARTIKEL LAINNYA