Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resmi Jadi Tuan Rumah, India Luncurkan Situs Web KTT SCO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 23 November 2022, 11:55 WIB
Resmi Jadi Tuan Rumah, India Luncurkan Situs Web KTT SCO
Website KTT SCO India tahun 2023/Net
rmol news logo Setelah resmi menyandang status sebagai tuan rumah dari KTT Shanghai Cooperation Organisation (SCO), India mulai mempersiapkan berbagai hal, termasuk meluncurkan website resmi yang akan digunakan selama setahun ke depan.

Kabar itu diumumkan langsung oleh  Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arindam Bagchi melalui twitter pribadinya.

"For a SECURE SCO, Situs web resmi Keketuaan Dewan Kepala Negara SCO India sekarang aktif di https://indiainsco.in. Kunjungi situs web untuk informasi terbaru tentang India sebagai Ketua SCO, kalender acara, dan pembaruan lainnya!," tulis  Bagchi, seperti dimuat ANI News pada Jumat (18/11).

Penggunaan kata 'SECURE' yang dimaksud dalam website, merupakan kepanjangan dari beberapa kata bermakna dan telah lama dilontarkan oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi sejak KTT SCO di China pada 2018.

Menurut Modi, 'S' artinya security atau keamanan bagi warga, 'E' untuk economic development, 'C' untuk connectivity di kawasan, 'U' yakni unity atau persatuan, 'R' untuk respect atau menghormati kedaulatan dan integritas, sementara 'E' untuk environment protection atau misi perlindungan lingkungan.

India menerima jabatan bergilir sebagai pemimpin setelah KTT SCO di bawah presidensi Uzbekista berhasil diselenggarakan pada 15-16 September lalu.

Selanjutnya India memegang kursi kepresidenan grup tersebut selama satu tahun hingga September 2023.

SCO merupakan organisasi regional yang bergerak di bidang keamanan, ekonomi, energi dan kebudayaan, beranggotakan negara-negara Asia seperti China, Rusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Uzbekistan, India dan Pakistan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA