Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tagihan Listrik Belum Dibayar, China Ogah Danai Proyek Pembangunan Pakistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 23 November 2022, 12:28 WIB
Tagihan Listrik Belum Dibayar, China <i>Ogah</i> Danai Proyek Pembangunan Pakistan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Banyaknya tagihan listrik yang belum dibayar telah menghambat aliran dana China untuk proyek-proyek pembangunan Pakistan lainnya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dimuat Bussines Recorder pada Senin (21/11), tagihan listrik itu mencapai lebih dari 300 miliar rupe atau setara dengan Rp 57,6 triliun.

Masalah piutang tersebut telah menunda pendanaan dari bank-bank China untuk membiayai proyek pembangkit listrik CPEC Independent Power Producers (IPP).

Rencana penutupan dana pada beberapa proyek CPEC tersebut telah disampaikan sejak bulan lalu, dalam pertemuan antara Divisi Tenaga Sekretaris, Rashid Mahmood Langrial dan Wakil Presiden Perusahaan Asuransi Ekspor dan Kredit China (Sinosure) Xu Xinwei.

Sinosure menyebut enam bank yang membiayai proyek pembangkit listrik Thar Block-1 oleh Shanghai Electric belum bisa mencairkan dananya.

Mereka adalah China Development Bank (CDB), Industrial and Commercial Bank of China (ICBC), Postal Savings Bank of China Limited (PSBC), Bank Komunikasi (BCM), China Minsheng Banking Corporation Limited dan Bank Pertanian China (ABC).

Bank-bank tersebut menahan investasi dalam proyek CPEC, karena tagihan listrik yang telah jatuh tempo dan karena mereka kurang percaya pada proyek baru sebagai bagian dari manajemen risiko.

Pihak China mengatakan jika Pakistan dapat menyelesaikan tunggakan listrik tersebut, maka Sinosure dapat mendorong keenam bank tersebut agar mau melanjutkan pendanannya.

Namun jika itu tidak diselesaikan, maka Beijing tidak bisa menjamin keberlanjutan proyek tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA