Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Pengadilan Den Haag: Belanda Bersalah Telah Membombardir Kompleks Perumahan di Afghanistan pada 2007

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 24 November 2022, 08:49 WIB
Pengadilan Den Haag: Belanda Bersalah Telah Membombardir Kompleks Perumahan di Afghanistan pada 2007
RMOL.  Pengadilan Den Haag menjatuhkan vonis 'bersalah' kepada pasukan Belanda karena membombardir sebuah kompleks perumahan selama pertempuran di lembah Chora Afghanistan pada 2007 lalu sehingga menewaskan beberapa warga sipil.

Dalam pengadilan yang berlangsung Rabu (23/11), diputuskan bahwa Negara harus memberikan kompensasi kepada para korban penyerangan.

Pasukan Belanda  mengajukan pembelaannya bahwa pengeboman itu sah karena Taliban menggunakan kompleks perumahan bertembok, yang disebut 'quala', untuk keperluan militer. Namun, pembelaan itu dipatahkan oleh Pengadilan, yang menegaskan bahwa pasukan mengetahui bahwa ada warga sipil yang tinggal di rumah tersebut.

Pengadilan juga memutuskan bahwa Kementerian Pertahanan belum cukup menunjukkan bagaimana menyimpulkan bahwa Taliban menggunakan quala.

“Kesimpulan itu tidak dapat ditarik dari laporan yang disampaikan oleh Negara, yang berisi catatan tentang beberapa jam sebelum pengeboman,” kata Pengadilan, seperti dikutip dari NL Times, Kamis (24/11).

Menurut pengadilan, pengeboman quala melanggar prinsip pembedaan dari hukum humaniter internasional. Pengadilan juga menolak banding Negara pada undang-undang pembatasan.

Beberapa korban dan kerabat yang masih hidup mengajukan gugatan. Dikisahkan bahwa mereka sedang tidur di rumah bersama keluarga saat bom jatuh dan telah meminta ganti rugi dari Kementerian Pertahanan Belanda.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA