Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

UNICEF : Hampir Setengah dari Jumlah Pasien Kolera di Haiti adalah Anak-anak

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 24 November 2022, 11:42 WIB
UNICEF : Hampir Setengah dari Jumlah Pasien Kolera di Haiti adalah Anak-anak
Kasus penyebaran virus kolera di Haiti semakin meningkat di tengah guncangan politik, aksi kekerasan geng, dan krisis pangan serta energi akibat blokade.

Sebuah studi yang dirilis  United Nations International Children's Emergency Fund (UNICEF) pada Rabu (24/11) menyebutkan jika dua dari lima kasus kolera di Haiti terjadi pada anak-anak.

Badan PBB itu menjelaskan jika anak-anak dan remaja yang menderita kekurangan gizi parah menjadi sangat rentan dan berisiko tiga kali lipat meninggal akibat kolera.

"Saya terkejut melihat banyak anak berisiko meninggal di pusat perawatan kolera," kata Direktur program darurat UNICEF, Manuel Fontaine seperti dimuat US News.

Setelah kunjungan empat hari ke Haiti, Fontaine mengidentifikasi tiga faktor yang membuat ancaman tersebut semakin nyata.

"Ancaman rangkap tiga; malnutrisi, kolera, dan kekerasan bersenjata, dua yang pertama merupakan kombinasi yang mematikan, yang satu mengarah ke yang lain," jelasnya.

Kolera muncul kembali di Haiti awal Oktober lalu, setelah sekitar tiga tahun tidak ada laporan terkait kasus tersebut.

Namun, wabah kolera saat ini menjadi sangat cepat menyebar di tengah kekurangan makanan dan air minum bersih yang dipicu oleh blokade geng terhadap pelabuhan bahan bakar nasional.

Penyakit ini menyebar melalui air yang terkontaminasi dan menyerang anak-anak dan orang dewasa dan dapat membunuh dalam beberapa jam jika tidak diobati.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA