Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Armenia Protes ke Putin Soal Kurangnya Dukungan CSTO yang Dipimpin Rusia

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 24 November 2022, 18:53 WIB
Armenia Protes ke Putin Soal Kurangnya Dukungan CSTO yang Dipimpin Rusia
Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan/Net
Kekecewaan Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan atas kegagalan Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) disampaikan langsung di hadapan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam KTT yang digelar pada Rabu (23/11).

Pashinyan mempertanyakan efektivitas CSTO yang dinilai tak mampu membantu negaranya menghadapi serangan Azerbaijan.

“Sangat menyedihkan bahwa keanggotaan Armenia di CSTO tidak menghalangi Azerbaijan melakukan tindakan agresif,” ujarnya seperti dimuat Zawya News.

Menurut Pashinyan hingga hari ini, pemerintahnya belum mendapat kepastian dari CSTO dalam menanggapi agresi Azerbaijan.

"Fakta-fakta ini sangat merusak citra CSTO baik di dalam maupun di luar perbatasan negara kami, dan saya menganggap ini kegagalan utama kepemimpinan Armenia di CSTO," tegasnya.

Pashinyan menyebut Armenia telah mengirimkan permintaan bantuan langsung dari CSTO pada bulan September. Namun hanya dipenuhi dengan janji untuk mengirim pengamat.

Lebih lanjut Pashinyan membandingkan dengan keputusan cepat CSTO saat mengirim pasukan ke Kazakhstan untuk membantu Presiden Kassym-Jomart Tokayev selamat dari gelombang kerusuhan pada Januari lalu.

Armenia dan Azerbaijan telah berselisih selama beberapa dekade atas Nagorno-Karabakh, daerah kantong yang diakui secara internasional sebagai bagian dari Azerbaijan tetapi sebagian besar dikendalikan oleh mayoritas penduduk etnis Armenia, dengan dukungan dari Yerevan.

Rusia mengirim 1.960 pasukan penjaga perdamaian ke daerah itu di bawah kesepakatan gencatan senjata 2020 tetapi hanya membuat sedikit kemajuan.

Armenia memperoleh dukungan dari aliansi CSTO yang beranggotakan Belarusia, Kazakstan, Kyrgyzstan dan Tajikistan dan Rusia. Di lain sisi, Azerbaijan mendapat dukungan dari Turki.

ARTIKEL LAINNYA