Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Di Tengah Berlangsungnya Piala Dunia Qatar, Iran Tangkap Mantan Pemain Timnas Voria Ghafouri

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 25 November 2022, 07:25 WIB
Di Tengah Berlangsungnya Piala Dunia Qatar, Iran Tangkap Mantan Pemain Timnas Voria Ghafouri
Voria Ghafouri/Net
Pihak berwenang Iran menangkap Voria Ghafouri, seorang mantan anggota terkemuka tim sepak bola nasional pada Kamis (24/11) waktu setempat.

Mengutip kantor berita Fars dan Tasnim, AP melaporkan bahwa Ghafouri ditangkap karena dianggap menghina tim sepak bola nasional dan mempropagandakan pemerintah.

Ghafouri, yang tidak dipilih untuk pergi ke Piala Dunia, telah menjadi pengkritik keras otoritas Iran sepanjang kariernya. Dia menjadi salah satu yang keberatan dengan larangan lama penonton wanita di pertandingan sepak bola pria serta kebijakan luar negeri Iran yang konfrontatif, yang telah menyebabkan sanksi Barat yang melumpuhkan.

Baru-baru ini, Ghafouri juga menyatakan simpati untuk keluarga Mahsa Amini, seorang wanita berusia 22 tahun yang meninggal kematian saat berada dalam tahanan polisi moralitas Iran.

Dalam beberapa hari terakhir dia juga menyerukan diakhirinya penumpasan kekerasan terhadap protes di wilayah Kurdistan barat Iran.

Laporan penangkapannya datang menjelang pertandingan Piala Dunia antara Iran dan Wales yang akan digelar Jumat (25/11) waktu Qatar.

Pada pertandingan pembukaan, Tim Nasional Iran kalah 6-2 dari Inggris. Ketika itu anggota tim nasional Iran menolak untuk menyanyikan lagu kebangsaan mereka dan beberapa penggemar menyatakan dukungan untuk protes tersebut.

Pejabat Iran belum mengatakan apakah aktivitas Ghafouri sebagai altivis merupakan faktor yang membuat dia tidak dipilih untuk masuk tim nasional.  

Ghafouri adalah pemain sepak bola Iran yang bermain untuk klub Liga Pro Teluk Persia Foolad, di mana dia menjadi kapten. Dia telah memainkan sebagian besar karirnya sebagai bek kanan dan juga bermain sebagai pemain sayap kanan sesekali.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA