Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Diundang India untuk Bahas Kerukunan Umat Beragama, Mahfud MD dan Ulama Indonesia akan Kunjungi Delhi Pekan Depan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 25 November 2022, 10:12 WIB
Diundang India untuk Bahas Kerukunan Umat Beragama, Mahfud MD dan Ulama Indonesia akan Kunjungi Delhi Pekan Depan
Penasihat Keamanan Nasional India Ajit Doval/Net
Setelah beberapa kesepakatan kerja sama bilateral, India akan memperdalam hubungannya dengan Indonesia dalam bidang agama.

Untuk itu, Penasihat Keamanan Nasional Ajit Doval mengundang Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia Mahfud MD  untuk mengikuti Konferensi Kerukunan Umat Beragama yang akan berlangsung pada 28 November mendatang.
Dilaporkan ANI News, dalam kunjungannya ke Delhi minggu depan, Mahfud MD akan didampingi oleh beberapa ulama Indonesia.

Dalam kesempatan itu, para ulama dari Indonesia juga akan melakukan pembicaraan dengan tokoh agama lain. Mereka akan membahas melakukan pertemuan yang membahas  'Peran Ulama dalam memupuk budaya perdamaian antaragama dan kerukunan sosial di India dan Indonesia'.

Seorang sumber mengatakan kepada ANI  bahwa tujuan diskusi ini adalah untuk menyatukan ulama dan cendekiawan India dan Indonesia, mengingat ulama memiliki peran dalam memajukan kerja sama mempromosikan toleransi, keharmonisan dan hidup berdampingan secara damai. Dalam diskusi itu juga akan mencakup perlawanan terhadap ekstremisme kekerasan dan radikalisasi.

Menurut rencana, dalam diskusi yang berjalan sebanyak tiga sesi itu, Ajit Doval  akan membawakan pidato pembukaan dan penutupan. Di akhir acara, akan ada  pernyataan bersama antara ulama dan cendikiawan Indonesia-India.

Tiga sesi itu meliputi; kesinambungan dan perubahan, mengharmonisasikan masyarakat antaragama serfta lalu praktek dan pengalaman, kemudian sesi terakhir membahas bagaimana melawan radikalisasi dan ekstrimisme di India dan Indonesia.

Indonesia memiliki populasi Muslim terbesar di dunia dan India adalah rumah bagi jumlah Muslim terbesar kedua di dunia.

Doval telah mengunjungi Indonesia untuk dialog keamanan Indo-Indonesia yang kedua pada bulan Maret tahun ini.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA