Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mahathir Mohamad Beri Ucapan Selamat untuk Anwar Ibrahim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 25 November 2022, 12:36 WIB
Mahathir Mohamad Beri Ucapan Selamat untuk Anwar Ibrahim
Anwar Ibrahim dan Mahathir Mohamad/Net
rmol news logo Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad memberikan ucapan selamat kepada Perdana Menteri yang baru diangkat, Anwar Ibrahim.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hubungan Mahathir dan Anwar cukup menarik. Keduanya pernah menjadi sekutu, namun juga sempat bermusuhan, hingga kembali bersama dan berseteru lagi.

"Saya mengucapkan selamat kepada Datuk Seri Anwar Ibrahim atas pengangkatannya sebagai Perdana Menteri ke-10 Malaysia. Semoga sukses," cuit Mahathir di Twitter pada Jumat (25/11).

Pesan sederhana itu sangat penting bagi sejarah panjang keduanya, yang sangat membentuk karier politik Anwar.

Anwar pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri untuk pemerintahan Mahathir pada 1993-1998. Ia dipecat oleh Mahathir, dan kemudian mengubahnya menjadi oposisi.

Kendati begitu, pada 2017, keduanya kembali bersama melalui Pakatan Harapan demi menggulingkan pemerintahan Barisan Nasional yang dipimpin oleh UMNO.

Berkat koalisi Anwar dan Mahathir, Pakatan Harapan menang pada Pemilu ke-14, mengalahkan Barisan Nasional yang sudah berkuasa selama 60 tahun.

Pada saat itu, Mahathir meninggalkan UMNO untuk bergabung dengan oposisi dalam upaya untuk menjatuhkan PM ke-6 Najib Razak yang terlibat skandal 1MDB.

Mahathir kemudian menjadi Perdana Menteri ke-7 tetapi enggan mengizinkan Anwar untuk mengambil alih, meskipun yang terakhir mengklaim bahwa yang pertama berjanji akan memberi jalan.

Setelah Sheraton Move pada Februari 2020, pemerintahan Pakatan Harapan runtuh, dan Anwar kembali menjadi pemimpin Oposisi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA